JAYAPURA (PT) – Sertu Saharudin, Babinsa Koramil 1709-01/Yapsel melaksanakan pendampingan dengan membantu petugas Posyandu dalam rangka pemberian vaksin polio dan penimbangan berat badan balita, guna mencegah terjadinya penyakit polio.

Sertu Saharudin melakukan pendampingan di wilayah binaannya di Yapen, Bertempat di Posyandu Merpati Putih, Kampung Warari, Distrik Anotaurei, Kabupaten Kepulauan Yapen, untuk mencegah polio atau penyakit infeksi oleh virus yang dapat menyebabkan kelumpuhan.

Dijelaskan, polio merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh virus yang ada di dalam saluran pencernaan dan tenggorokan. Pada kondisi tertentu, seseorang yang terinfeksi polio dapat mengalami kelumpuhan permanen, bahkan sampai menyebabkan kematian.

“Polio bisa muncul tanpa gejala apapun dan penyakit ini juga bisa menular melalui kontak dengan cairan yang keluar dari hidung, mulut dan tinja seseorang yang sudah terinfeksi polio,” terang Imiralda Matui AMK, petugas Posyandu Merpati Putih.

Kata Imiralda, tidak perlu khawatir, karena penyakit polio ini dapat dicegah melalui imunisasi terutama pada anak usia bawah lima tahun (balita), baik melalui imunisasi polio tetes maupun imunisasi polio suntik.

Sementara itu, Sertu Saharudin Babinsa Koramil 1709-01/Yapsel menambahkan, kegiatan pendampingan ini, selain membantu kelancaran kegiatan imunisasi, juga hadirnya Babinsa juga untuk memberikan imbauan kepada para orang tua khususnya ibu – ibu, tentang pentingnya imunisasi ini diberikan kepada anak usia Balita.

“Imunisasi polio merupakan salah satu imunisasi yang wajib dilakukan jika tidak ingin sang buah hati terkena polio, jadi ibu-ibu yang sudah hadir disini agar memberitahukan lagi kepada tetangga-tetangganya yang belum datang untuk segera bawa anaknya untuk di imunisasi,” kata Sertu Sahar. (jul/rm)

LEAVE A REPLY