JAYAPURA (PT) – Pemerintah Provinsi Papua rencananya akan melakukan relokasi terhadap masyarakat yang selama ini tinggal di kawasan Gunung Cyclop.

Gubernur Papua, Lukas Enembe, SIP, MH mengatakan, untuk relokasi terlebih dahulu akan dilakukan sosialisasi.

“Warga akan direlokdasi ke wilayah jalan Jayapura-Wamena, namun lokasinya secara pasti belum diketahui,” kata Gubernur Papua, Lukas Enembe, SIP, MH didampingi Sekda Papua, TEA Hery Dosinaen, SIP, MKP, M.Si, Asisten II, Noak Kapisa, Asisten III, Eli Auri, Kepala BPBD Provinsi Papua, Welliam Manderi dan sejumlah Kepala OPD terkait di Gedung Negara, Rabu (19/3).

Tempat relokasi nantinya akan dibangun sejumlah fasilitas layanan publik seperti rumah sakit, sekolah dan perumahan.

Relokasi itu sudah disampaikan kepada Presiden Jokowi dan telah mendapat respon dari Presiden.

“Karena bencana seperti ini sudah terjadi berulang kali dalam kurun waktu tertentu, maka warga mau tidak mau harus direlokasi. Nanti kami siapkan pemukiman dan fasilitas lainnya bagi warga,” terangnya.

Sementara mengenai pembenahan Gunung Cycloop membutuhkan waktu, mengenai normalisasi sungai saat ini telahkan dilakukan berbagai upaya.

“Itu langkah awal, tapi jika secara menyeluruh penanganan Gunung Cycloop butuh waktu yang panjang. Tidak boleh ada warga yang di lereng gunung dan harus pindah semua ke Jalan Jayapura-Wamena,” imbuhnya. (ing/rm)

LEAVE A REPLY