JAYAPURA (PT) – Bupati Puncak Jaya, Yuni Wonda, mendukung adanya rencana Pemerintah Provinsi Papua melakukan relokasi terhadap masyarakat yang selama berdomisili di Gunung Cyclop.

“Ide ini dari Gubernur, jadi kami siap saja, jika berkaitan dengan masyarakat kita siap dan mekanismenya seperti apa itu tergantung dari gubernur,” kata Bupati Yuni Wonda kepada wartawan usai melalukan pertemuan dengan Gubernur di Gedung Negara, Kamis (21/3).

Pihaknya juga siap mensosialisasikan kepada masyarakat terkait relokasi ini, agar masyarakat bisa lebih mengerti dan memahami maksud dan tujuan dari relokasi ini.

Sebelumnya Gubernur Papua, Lukas Enembe mengatakan warga yang tinggal di wilayah kawasan Cyloop akan direlokdasi ke wilayah jalan trans Jayapura-Wamena.

Disana pemerintah akan mendirikan fasilitas pelayanan publik bagi warga yang direlokasikan, seperti sekolah, rumah sakit, perumahan akan tetapi untuk lokasi pastinya ia belum menentukan

“Rencana ini sudah disampaikan ke Presiden dan direspon positif oleh beliau. Karena bencana seperti ini sudah terjadi berulang kali dalam kurun waktu tertentu, maka warga mau tidak mau harus direlokasi,” imbuhnya. (ing/rm)

LEAVE A REPLY