JAYAPURA (PT) – Ketua Komisi V Dewan Perwakilan Rakyat Papua (DPR Papua), Kamasan Jack Komboy bersama tim DPR Papua selama dua hari turun langsung memberikan bantuan kepada para korban banjir bandang di Sentani, Kabupaten Jayapura.

“Hari pertama Senin, kami memberikan bantuan ke posko yang terletak di Pos 7 Sentani,” katanya kepada Papua Today.com, Rabu (20/3).

Jack Komboy mengatakan bantuan yang diberikan di Pos 7 berupa selimut, pampers, celana training dan bahan makanan (Bama).

Kemudian pada hari kedua, lanjut Jack Komboy, Komisi V DPR Papua menyalurkan bantuan di Kampung Ayapo.

“Kami naik perahu dari Kalkhote , namun karena di Kalkhote terendam air, kami harus naik dari Gapura lalu menuju ke Ayapo,” ucapnya.

Jack Komboy menjelaskan kondisi di Ayapo sangat memprihatikan, karena semuanya rumah telah terendam air.

Bahkan kurang lebih 300 keluarga rumahnya terendam air dan mereka kedinginan.

Dalam kunjungan di Ayapo itu, Jack Komboy mengaku mendapatkan cerita dari orang-orang tua di kampung itu, jika bencana serupa pernah terjadi di tahun 60-an, namun tahun ini terjadi lagi.

“Ini murni akibat curah hujan dan debit air yang cukup kencang dan kurangnya pohon untuk meresap air, makanya hal ini bisa terjadi,” tambahnya.

Jack menambahkan, tidak ada warga yang dievakuasi ke daerah kota, mereka hanya dievakuasi ke gereja yang berada di daerah ketinggian.

Jack mengaku bahwa pemberian bantuan di Ayapo lebih berfokus kepada bama dan BBM.

“Kami berikan bama lebih banyak, ada gula, ada beras, minyak tanah bahkan bensin, karena mereka perlu nyalakan genset di malam hari akibat kondisi disana tidak ada listrik,” ujarnya

Jack berharap Pemkab Jayapura bisa segera melihat dan memberi bantuan karena pada saat Komisi V memberi bantuan di Kampung Ayapo, masyarakat mengakui belum menerima bantuan dari pemda.

“Saya berharap pembagian baham makanan di bagi secara adil dari pemkab karena sejujurnya warga di Ayapo terkena dampak yang cukup parah, jangan cuma fokus ke daerah kota saja,” imbuhnya. (ket/rm)

LEAVE A REPLY