JAYAPURA (PT) – Bupati/Wali Kota dijadwalkan akan menghadiri apel gelar pasukan dalam rangka pengamanan Pileg dan Pilpres yang akan diselenggarakan di halaman Kantor Gubernur Papua di Jayapura pada 5 April 2019.

Menurut Plt. Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Provinsi Papua, Doren Wakerkwa, SH mengatakan, selain itu apel gelar pasukan tersebut juga akan dihadiri Sekda, Asisten Bidang Pemerintahan, Kepala Kesatuan Bangsa dan Politik, Komisi Pemilihan Umum serta Badan Pengawas Pemilu.

“Dalam apel gelar pasukan ini, masing-masing kabupaten/kota juga akan mengirimkan sebanyak 24 anggota Satpol PP,” kata Doren.

Dijelaskan, agenda apel gelar pasukan adalah untuk memastikan pelaksanaan Pileg dan Pilpres 17 April 2019 berjalan aman, damai dan Luber (langsung, umum dan bebas rahasia).

“Sebenarnya apel ini akan dilaksanakan pada pekan ini yang bersamaan dengan HUT Satpol PP Nasional maupun HUT Linmas serta pemadam kebakaran,” katanya.

Hanya saja, lanjut Doren, khusus untuk Papua karena ada permintaan dari gubernur maka dilaksanakan pekan depan sekaligus untuk memastikan suksesnya Pileg dan Pilpres di Papua.

Undangan sudah disebar melalui radiogram kepada Bupati dan Wali Kota, sehingga diharap saat apel gelar pasukan semua kepala daerah bisa hadir.

Selain menggelar apel gelar pasukan, sambung Doren, pada kesempatan yang sama Gubernur Papua bersama Forkimpinda dijadwalkan bertemu seluruh Bupati dan Wali Kota membahas kesiapan pemerintah kabupaten dan kota guna mensukseskan Pileg dan Pilres di wilayahnya.

“Pertemuan ini sebenarnya akan dilaksanakan di Kabupaten Biak Numfor beberapa waktu lalu seusai pelantikan bupati setempat. Namun, tertunda sehingga baru akan dilaksanakan seusai apel gelar pasukan pada 5 April 2019 sore,” ujarnya.

“Dalam pertemuan ini, Gubernur akan meminta laporan dari para Bupati terkait kesiapan di daerahnya dalam melaksanakan Pilpres dan Pileg termasuk penganggarannya, sehingga kita harap pelaksanaan pesta demokrasi Pileg dan Pilpres bisa berjalan demokratis dan sesuai harapan,” imbuhnya.(ing/rm)

LEAVE A REPLY