JAYAPURA (PT) – PT Freeport Indonesia kembali memberikan bantuan kemanusiaan bagi korban banjir bandang di Kabupaten Jayapura, Papua. Kali ini bantuan itu, diserahkan langsung di Kampung Dondai, Distrik Waibu, Kabupaten Jayapura.

Vice Presiden Hubungan Pemerintahan PT Freeport Infonesia, Jonny Lingga mengatakan, dalam bencana banjir bandang di Kabupaten Jayapura, PT Freeport Indonesia mengirimkan 5 orang emergency response dan 2 orang Tim Paramedis.

“Jadi, itu mereka langsung bergabung dengan posko Induk yang ada di Gunung Merah, KAntor Bupati Jayapura,” katanya.

Selain itu, katanya, PTFI juga menyiapkan bantuan bahan makanan siap saji, kemudian keperluan selimut untuk bayi.

“Semuanya itu mulai hari pertama, lalu di Jayapura kita beli dan sampai kemarin kita masih berikan ke korban banjir di kampung-kampung serta berkoordinasi dengan Posko Induk,” ujarnya.

Dikatakan, sampai sekarang ini, PT Freeport Imdonesia sudah mengirimkan sebanyak 10 ton, berupa pakaian layak pakai, obat-obat, makanan dan selimut.

“Bantuan 10 ton ini bersal dari PTFI yang di Tembagapura, Kuala Kencana dan Timika, bahkan sampai saat ini masih ada 4 ton lagi yang akan dikirim nanti. Jadi, totalnya bisa 14 ton,” ujarnya.

Selain itu, PTFI juga akan membuat sumur air bersih di 5 titik agar dapat menjangkau lebih dekat bagi masyarakat untuk mendapatkan air bersih.

“Jadi, kita sedang survei dimana ditaruh titik-titik sumur air bersih itu,” katanya.

Sementara itu, Pdt. Agustina Polamonia mengatakan, sudah kedua kali PTFI memberikan bantuan, berupa air bersih, mesin dan instalasi air serta saat ini juga bahan makanan yang diberikan kepada masyarakat.

“Benar-benar menjadi kebutuhan bagi kami di sini, sebab air di danau setelah meluap dan tercemar dengan berbagai hal, kami mengkawatirkan ada penyakit yang timbul, karena air yang tercemar ini dan sudah ada air bersih dan bahan makanan yang diberikan pada masyarakat di sini semua,” katanya.

Selain itu, Ia berterima kasih atas bantuan yang diberikan dan sangat bersyukur bahwa dalam bencana banjir ini, mendapatkan kepedulian termasuk dari PT Freeport Indonesia.

“Ini bukti bahwa kami tidak sendri menghadapi bencana ini, masih ada yang turut membantu dalam bencana banjir ini,” imbuhnya. (ai/rm)

LEAVE A REPLY