JAYAPURA (PT) – Guna mensukseskan pesta demokrasi pemilihan umum baik Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) pada 17 April 2019, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Papua melakukan sosialisasi kertas suara di beberapa tempat di Kota Jayapura, termask di Pasar Cigombong Kotaraja, Abepura.

Komisioner KPU Provinsi Papua, Tarwinto yang diwakili oleh Rahmi mengajak masyarakat agar pada tanggal 17 April warga datang ke tempat pemungutan suara (TPS ) menggunakan hak pilihnya.

Bahkan, apabila tidak terdaftar namanya dapat menggunakan hak suara dengan membawa KTP-el,” katanya saat melakukan sosialisasi di Pasar Cigombong, Jumat (29/3).

Menurutnya, sosialisasi ini penting dilakukan kepada penjual maupun pembeli dengan cara memberikan imbauan kepada pedagang maupun warga agar mereka datang ke TPS memberikan hak suaranya.

Selain itu, kata Rahmi petunjuk pelaksanaan pencoblosan surat suara disiapkan 5 kertas suara nantinya.

“Surat suara DPRD kabupaten/kota yang berwarna hijau, surat suara DPRD Provinsi yang berwarna biru, surat suara DPR RI berwarna kuning, surat suara DPD RI berwarna merah, surat suara presiden dan wakil presiden berwarna abu-abu,” jelasnya.

Untuk mensukseskan kegiatan ini, lanjutnya, KPU Papua juga membagikan souvenir berupa handuk, bunga, sticker dan air minum kepada warga maupun kendaraan yang melintas di jalan raya.

Ia menambahkan bahwa kegiatan ini rutin dilakukan sejak 23 Maret 2019 hingga 13 april 2019 dan selain di Kota Jayapura, dari pihak KPU Papua akan melakukan sosialisasi ke beberapa kabupaten lainnya.

“Hari ini kami telah sosialisasikan pencoblosan kertas suara dari Pasir Dua, Base G, lumba-lumba, Pasar Mama Papua dan berakhir di Pasar Cigombong Kotaraja Jayapura,” pungkasnya. (ket/rm)

LEAVE A REPLY