JAYAPURA (PT) – Provinsi Papua menargetkan perbaikan posisi pada Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) XV tahun 2019.

Papua berharap bisa masuk 5 Besar pada Popnas yang diselenggarakan pada 10-18 Okotober 2019.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda (Kadisorda) Papua, Daud Ngabalin mengatakan, sejauh ini persiapan 20 cabang olahraga menuju Popnas sudah sangat baik dan target bisa masuk dalam posisi lima besar.

Dikatakan, dalam penyelenggaraan POPNAS 2019, akan memperebutkan 267 medali emas dari 20 cabang olahraga yang dipertandingkan di dua cluster Kota dan Kabupaten Jayapura.

Apalagi, lanjutnya, ada beberapa cabang olahraga yang dinilai mampu menyumbangkan medali emas bagi Papua pada saat POPNAS 2019 yakni tinju, karate, atletik, sepakbola, dan tarung drajat, sehingga dari persiapan keseluruhan atlet, Papua siap menyukseskan POPNAS dan berprestasi, mengingat TC terpusat bagi atlet juga bakal berlangsung Mei 2019.

“Dari medali emas yang diperebutkan, kita pasti bisa dapat 5 persen medali emas saja pasti kita bisa jadi yang terbaik. Ada cabor yang punya potensi sumbang medali nanti bagi Papua seperti tarung drajat, atletik nomor lempar, tinju,” kata Daud Ngabalin disela-sela rapat PON XX/2020, di Sasana Karya Kantor Gubernur Papua, Dok II, Kota Jayapura, Kamis (4/4).

Disinggung pelaksanaan POPNAS akan bertepatan dengan berbagai kejuaraan Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar (PPLP) Papua, pihaknya menilai tidak akan mengganggu baik dalam persiapan atlet maupun penyelenggaraannya sendiri.

“Kegiatan PPLP maupun POPNAS tidak akan terganggu, tetap berjalan baik persiapan atlet. Karena bisa nanti di kejuaraan PPLP, atlet kita yang di POPNAS bisa jadikan itu sebagai ujicoba tanding, karena sangat membantu sekali,” tandasnya.

Diketahui POPNAS 2019 mempertandingkan 20 cabang olahraga masing-masing Cabor Terukur meliputi Angkat besi, Atletik, Dayung, Renang. Cabor Beladiri terdiri dari Gulat, Judo, Karate, Pencak Silat, Taekwondo,Tarung drajat, Tinju dan Cabor Akurasi Panahan.

Sedangkan Cabor Permainan meliputi Bola Basket, Bola Voli Indoor, Bola Voli Pasir, Tenis Lapangan, Tenis meja, Bulu Tangkis, Sepak Bola, Sepak Takrauw. Catur diperlombakan untuk eksebisi. (lam/rm)

LEAVE A REPLY