JAYAPURA (PT) – Pemerintah Provinsi Papua meminta kabupaten/kota terus melakukan monitor terhadap pembangunan kesehatan wilayahnya masing-masing.

Hal ini diungkapkan, Asisten III Bidang Umum Sekda Papua, Elysa Auri pada Rapat Kerja Kesehatan Daerah (Rakerkesda) Provinsi Papua di Jayapura, Selasa (30/4).

“Pembangunan bidang kesehatan di Provinsi Papua grafik mengalami kenaikan, harapan Pemprov Papua dari hasil yang dicapai dapat memberikan tingkat pelayanan kesehatan kabupaten/kota terutama masyarakat yang memerlukan pelayanan,” kata Elysa Auri.

Dikatakan, Pemprov Papua telah mengalokasikan anggaran 80 persen dana Otsus untuk kabupaten/kota, diantaranya dialokasikan untuk sektor kesehatan di kabupaten/kota, hal tersebut berhasil meningkatkan IPM Papua.

“Pemprov Papua sudah memberikan pelayanan khusus dari dana Otsus 80 persen dialokasikan juga untuk bidang kesehatan,” terangnya.

Lebih lanjut, pada tahun 2017 peningkatan kualitas IPM Papua mengalami kenaikan dari 58,6 dari 2017-2018 mengalami kenaikan 1,64 persen.

“Artinya ada peningkatan, mudah-mudahan dengan adanya Rakerkesda terus mengalami peningkatan sehingga dapat memberikan dampak positif pengembangan IPM dan SDM Papua,” imbuhnya. (ing/rm)

LEAVE A REPLY