JAYAPURA (PT) – Dalam rangka membuka peluang kerjasama dibidang pengelolaan Sumber Daya Alam (SDA) di Papua, Pemerintah Jerman melalui Duta Besar untuk Indonesia mengunjungi Papua, Senin (6/5/2019) dan bertemu Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal, SE, MM.

Usai pertemuan Dubes Jerman, Peter Schoof mengatakan bahwa Papua adalah provinsi besar dan memiliki ekonomi yang sangat potensial.

Menurutnya, Pemerintah Jerman di Indonesia memiliki program besar untuk pengembangan perusahaan dan keinginan besar untuk beraktivitas di Papua.

“Saya harap nanti ada rapat bersama terkait ini dan kami berhadap bisa kembali untuk membicarakan ini,” ungkapnya.

Senada dengan itu, Wagub Klemen Tinal menjelaskan, dalam pertemuan tersebut, Pemerintah Papua dan Dubes Jerman membahas peluang kerjasama terutama dalam hal pengelolaan Sumber Daya Alam di wilayah Papua.

Misalnya, kata Klemen, pengeloaan hasil pertanian atau perikanan.

“Mereka ini sebagai negeri maju juga ingin supaya warganya bisa mengambil kesempatan untuk dapat berusaha di Papua, lebih khusus di hal-hal yang menyangkut energi terbarukan, pertanian atau perikanan,” kata Klemen.

Wagub Klemen pun menyatakan, Pemerintah Papua pada prinsipnya siap dan membuka peluang kerjasama sebesar-besarnya asalkan kerjasama tersebut memberikan dampak positif bagi masyarakat Papua.

“Yang penting mereka bisa bekerjasama dengan masyarakat yang ada di daerah masing-masing sesuai dengan potensi yang mereka inginkan,” tambahnya.

Lanjut Klemen, pihaknya juga telah menyerahkan profile Provinsi Papua dan data-data yang ada untuk agar dapat dipelajari oleh Kedutaan Besar Republik Federal Jerman.

“Contohnya ada lahan sekitar 1 juta lebih hektar di Merauke yang dapat dikelola bersama dan potensi perikanan di Biak yang sangat tinggi. Intinya kehadiran mereka harus memberikan dampak kepada masyarakat Papua juga,” ujarnya.

Selain membahas peluang kerjasama, lanjut Klemen, kunjungan Dubes Jerman tersebut di antaranya untuk mengetahui situasi keamanan terkini dan kondisi pelaksanaan Pilpres dan Pileg yang telah berlangsung di Papua.

“Jadi kami jelaskan bahwa semua berjalan baik dan Papua itu aman. Kami sangat berterima kasih atas kunjungan Dubes Jerman ke Pemerintah Papua. Mereka punya kesan yang sangat baik dan mereka juga ingin tahu Papua itu seperti apa,” tambahnya. (ing/rm)

LEAVE A REPLY