SENTANI (PT) – Persit Kartika Candra Kirana Koorcab Korem 172/PWY menggelar Bakti Sosial dan Pengobatan Gratis oleh Persit Koorcab Rem 172 yang bertempat di Kampung Puay Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, pada Selasa (14/5).

Hadir dalam kegiatan itu, Kasrem 172/PWY, Letkol Inf. Akmil Satria Martha Yudha Darmawi yang mewakili Danrem dan ibu-ibu Persit KCK Cabang Koorcab Rem 172 yang turut membagikan sembako serta paket alat tulis bagi masyarakat dan anak-anak.

Kepala Kampung Puay, Yusak Doyapo mengucapkan terima kasih atas kehadiran Danrem 172/PWY beserta Ketua Persit KCK Koorcab Korem 172/PWY, Ny. Dewi Binsar Parluhutan Sianipar dalam kegiatan baksos dan pengobaan gratis di kampung ini.

Dikatakan, Kampung Puay ini adalah salah satu kampung yang penuh dengan kekayaan alamnya. Tapi dengan kejadian banjir bandang kemarin, masyarakat kampung terkena musibah dan 135 kepala keluarga harus mengungsi ke atas gunung selama 60 hari.

“Dengan kondisi ini sangat berat bagi masyarakat untuk merehabilitasi rumah-rumah yang terkena banjir. Dan atas bantuan yang kami terima ini, kami ucapkan terimakasih atas perhatian dan kepedulian bapak dan ibu Danrem kepada masyarakat Kampung Puay dan kami hanya bisa berdoa semoga Tuhan memberkati Bapak dan Ibu Danrem dan jajaran beserta keluarganya,” katanya.

Ketua Ranting Persit KCK Koorcab Rem 172/PWY, Ny. Dewi Binsar Sianipar mengatakan kegiatan yang dilakukan ini merupakan wujud rasa peduli dan empati dari Persit Kartika Chandra Kirana Koorcab Rem 172 terhadap bencana yang telah terjadi di Kampung Puay sebagai upaya membantu tugas Korem 172/PWY untuk mewujudkan kemanunggalan TNI dengan rakyat.

Ia berharap momentum ini dapat dijadikan sebagai sarana mempererat tali silaturahmi bersama warga Kampung Puay serta untuk menumbuhkan rasa kepedulian sosial terhadap sesama.

“Bantuan yang kami berikan ini diharapkan dapat membantu dan meringankan beban masyarakat sekitar danau sentani yang turut merasakan dampak dari bencana banjir bandang beberapa waktu lalu di Kabupaten Jayapura sehingga berdampak pula pada kehidupan masyarakat khususnya anak-anak,” katanya

Selain bakti sosial juga dilakukan pengobatan gratis agar masyarakat di kampung ini dapat memeriksakan kesehatan terutama para lansia, anak-anak maupun balita.

Persit juga membantu anak-anak sebagai generasi muda dengan memberikan bantuan alat-alat tulis sehingga timbul semangat yang tinggi dalam belajar dan bersekolah.

Ia menambahkan, sebelum mengunjungi Kampung Puay juga mengunjungi 5 kepala keluarga anggota Korem 172/PWY yang rumahnya terkena musibah banjir bandang di Sentani.

Bantuan yang diberikan berupa kasur tidur masing-masing kepala keluarga 3 buah, alat mandi serta alat tulis buat anak-anak.

Dalam baksos yang dihadiri 300 orang masyarakat dan anak-anak itu, Ketua Persit Ny. Dewi Binsar Sianipar memberikan 150 paket sembako yang terdiri dari beras 3,5 kg, gula pasir 1 kg, teh celup 1 kotak (25 set) dan kopi 1 bungkus.

Selain paket sembako juga memberikan alat mandi sebanyak 150 set, perlengkapan sekolah bagi anak-anak sekolah dan PAUD sebanyak 138 set terdiri dari tas sekolah, buku dan alat tulis, pembagian pakaian layak pakai dan handuk yang diterima pengurus gereja oleh pendeta Jemaat GKI Bethesda, David Jibaeli.

Selain pembagian paket sembako, digelar pengobatan gratis bagi masyarakat Kampung Puay yang melibatkan 3 dokter di pimpin oleh Dandenkesyah 1704.02 Waena, Letkol Ckm Agus Dwi Kuncoro.

Sebanyak 165 warga Kampung Puay antusias mendaftar pada petugas kesehatan untuk mengikuti pengobatan gratis dan semuanya di layani oleh petugas di lapangan dengan pemberian obat yang tersedia secara cuma-cuma. (ai/rm)

LEAVE A REPLY