JAYAPURA (PT)- Menjelang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2020 di Bumi Cenderawasih,  Pemerintah Kabupaten Jayapura menyiapkan makanan khas Papua, berupa sagu.

 

Bahkan, Pemkab Jayapura melalui Dinas Ketahanan Panda menggelar Festival Pangan Lokal tahun 2019 dengan mengadakan lomba cipta menu pangan lokal, untuk mendukung penyelengaraan PON XX tahun 2020 di Papua.

 

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Jayapura, Tasrif mengatakan, peserta dari lomba cipta menu pangan lokal berasal dari PKK tingkat distrik yang sudah sering dilaksanakan tiap tahunnya.

 

“Peserta yang mengikuti ini dari PKK distrik, kemudian juga pemerhati kelompok perempuan yyang mengikuti lomba ini. Kriteria pemenang dari hasil lomba ini sesuai dari kerjasama kami dengan Tim Penggerak PKK Kabupaten Jayapura, kami di dinas hanya menyiapkan untuk pelaksanaan,” katanya.

 

Sementara itu, Ketua Tim Pengerak PKK Kabupaten Jayapura, Magdalena Awoitauw berharap menu-menu makanan yang ditampilkan di lomba dapat dibuat saat PON di Papua nanti.

 

Selain itu, pihaknya juga  akan menyiapkan makan kecil yang berbahan dasar dari sagu, khususnya untuk di tamu VIP, tidak hanya papeda dan kuah ikan kuning, juga akan dihidangkan pada PON.

 

“Untuk itu, saya harap pihak distrik dan kampung untuk upayakan pangan lokal yang akan ditampilkan pada kegiatan nasional nanti khususnya tahun 2020,” imbuhnya. (ai/rm)

LEAVE A REPLY