JAYAPURA (PT) – John Wempi Wetipo (JWW) resmi menjabat sebagai Ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Provinsi Papua periode tahun 2019-2024.

 

Wempi Wetipo dipercaya memimpin partai berlambang banteng moncong putih itu, melalui rekomendasi dari Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarno Putri untuk menggantikan Ketua DPD PDI Perjuangan periode sebelumnya, Edoardus Kaize.

 

Dalam Konferensi Daerah (Konferda) PDI Perjuangan V Provinsi Papua yang digelar di Aston Hotel Jayapura, Kamis, (25/7), Wempi Wetipo bersama Sekretaris DPD PDI Perjuangan, Calvin Mansnembra dan Sekretaris DPD PDI Perjuangan, Willem Wandik dikukuhkan oleh Ketua Bidang Kehormatan DPP PDI Perjuangan, Komaruddin Watubun.

 

Wempi Wetipo menyerukan kepada seluruh pengurus dan kader PDI Perjuangan di 29 kabupaten/kota agar merapatkan barisan.

 

Seluruh kader diajak untuk sama-sama membesarkan partai itu di Papua.

 

“Ini sebuah tanggungjawab besar yang diamanahkan DPP PDI Perjuangan kepada kita semua. Tidak ada sekat perbedaan diantara kita. Kita tinggalkan fikiran-fikiran lama dan mari bergotong royong untuk membangun PDIP di tanah Papua agar lebih baik dari yang kemarin,” seru JWW, sapaan akrabnya kepada seluruh kader partainya.

 

Pihaknya pun dalam waktu dekat, lebih fokus pada persiapan Konggres PDIP yang akan dilaksanakan di Bali, pada 8 Agustus 2019.

 

Selanjutnya, mempersiapkan konsolidasi partai untuk menghadapi agenda pemilihan kepala daerah (Pilkada) di Provinsi Papua pada tahun 2020.

 

Ditempat yang sama, Ketua Bidang Kehormatan PDIP Pusat, Komaruddin Watubun mengaku jika Konferda kali ini dipercepat atas pertimbangan matang internal partai.

 

Tujuannya, kata Komaruddin Watubun, untuk menjawab tantangan ideologis yang dihadapi oleh partai pengusung Presiden RI terpilih periode kedua, Joko Widodo.

 

Terlebih mengawal kepemimpinan Jokowi dalam membangun Indonesia selama lima tahun ke depan.

 

Komaruddin menekankan kepada seluruh kader PDIP di daerah untuk bisa membedakan urusan partai dengan pribadi.

 

“Jangan dicampur adukkan antara urusan partai dengan pribadi. Pengurus baru pun harus melakukan evaluasi kinerja pengurus organ partai baik di provinsi dan kabupaten setiap enam bulan sekali,” ujarnya.

 

Sementara itu, Ketua Bidang Pariwisata DPP PDI Perjuangan, Wiryanti Sukamdani dalam sambutannya, mengingatkan pengurus dan kader partainya untuk selalu mengikuti perkembangan arus informasi lewat teknologi.

 

Hal ini guna menjawab tantangan global yang dihadapi partaiu di era digital 4.0 yang sedang berlangsung saat ini.

 

“Kita harus siap menghadapi laju modernisasi di era industri 4.0. Kita berikan edukasi kepada rakyat untuk memenangkan hatinya. Sebab, kepada siapa lagi mereka menyampaikan aspirasinya kalau bukan kepada kita?,” tukasnya.

 

Konferda ini, merupakan tindaklanjut dari Rakerda DPD PDI Perjuangan Provinsi Papua beberapa waktu lalu di Jayaprua, dimana berhasil menjaring tiga kader yang diusulkan ke DPP PDI Perjuangan untuk menjadi Ketua DPD PDI Perjuangan Provinsi Papua, diantaranya Edoardus Kaize, John Wempi Wetipo dan Willem Wandik.

 

Sedangkan total kader yang tergabung dalam format kepengurusan DPD PDI Perjuangan Papua periode ini sebanyak 21 orang. (mt/rm)

LEAVE A REPLY