JAYAPURA (PT) – Upaya KONI Papua untuk  meningkatkan kemampuan dan jam terbang para karateka yang dipersiapkan menghadapi Pekan Olahraga Nasional (PON) XX rahul 2020, mulai menunjukkan hasilnya.

 

Dalam try out pada kejuaraan Surabaya International Open Karate Championship di Gedung DBL Arena Surabaya, Kota Surabaya, 26-28 Juli 2019, Tim Karate Papua berhasil menorehkan prestasi membanggakan dengan meraih 2 medali emas 2 perak dan 5 perunggu.

 

Dua atlet yang menyabet medali emas, Ergit Naninti (-61 kg putri) dan Claudio Nenobesi (-84kg putra).

 

Dua medali perak disumbangkan Ester Mebri (-50kg putri) dan Frengki Bolingla (-60kg putra).

 

Sedangkan, medali perunggu disumbangkan Arya (-55kg putra), Pandi Makmur (+84kg putra), Ariel Ohee (-75kg putra), Miranda Drakel (+68kg) dan Kurniawan dari nomor perorangan putra.

 

Buce Hukunala, anggota tim Beladiri Pusat Pembinaan dan Pelatihan Provinsi Papua ( Puslatprov) Papua yang ikut mendampingi tim Karate Papua mengaku, kejuaraan ini menjadi ajang try out bagi atlet karateka Papua setelah kurang lebih delapan bulan melakukan pemusatan latihan berjalan.

 

“Atlet karateka Papua yang turun pada kejuaraan ini adalah mereka yang kita persiapkan ke PON XX tahun 2020 di Papua,” kata Buce ketika dikonfirmasi wartawan, Minggu malam.

 

Dari 13 atlet putra/putri yang dibawa dalam try out ini, katanya, mereka menunjukan semangat luar biasa dan bisa bersaing dengan atlet-atlet daerah lain yang juga dipersiapkan ke PON 2020.

 

“Karateka Papua tampil luar biasa, apalagi Surabaya Open ini, juga diikuti oleh atlet-atlet negara tetangga seperti Malaysia dan Brunai, mereka bisa bersaing meraih medali emas,” jelasnya.

 

Usai berlaga di Surabaya Open, para atlet serta duet pelatih  Novilus Yoku dan Zakarias M. Sogorom akan kembali ke Papua.

 

“Ini merupakan try out pertama yang dijalani para karateka Papua setelah TC berjalan. Kita berharap mereka terus dilatih dan KONI bisa mengirim mereka ikut dalam kejuaraan lainnya, guna menambah jam terbangnya, dengan begitu, harapan kita mereka bisa meraih prestasi lebih baik lagi di PON nanti,” harap Buce yang juga selaku Sekretaris Umum Kushin Ryu M Karate-do Indonesia (KKI) itu. (lam/rm)

LEAVE A REPLY