TOLIKARA (PT) -Guna meningkatkan pertumbuhan ekonomi rakyat agar mampu mencapai kesejahteraan keluarga di seluruh Tolikara, Bupati Tolikara, Usman G. Wanimbo, SE, M.Si hingga kini terus melakukan berbagai upaya salah satunya mengelar Seminar Awal Kajian Potensi Sumberdaya untuk menarik Invertor dari luar Tolikara untuk berinvestasi di daerah Tolikara.

 

Untuk mengkaji potensi sumberdaya itu, Pemkab Tolikara melalui Dinas Penanaman Modal dan PTSP menggandeng Universitas Cenderawasih (Uncen) Jayapura, Papua untuk melakukan pengkajian mendalam.

 

Kajian itu, diawali dengan digelarnya Seminar Awal Pengkajian Potensi Sumberdaya terkait daerah Investasi dengan melibatkan ASN dari seluruh OPD di lingkungan Pemkab Tolikara yang berlangsung di Aula Kantor Bupati Tolikara di Igari, Tolikara, Kamis, 1 Agustus 2019.

 

Kepala Dinas Penanaman Modal dan PTSP Tolikara, Teri Joli Yikwa, SE mengatakan, untuk meningkatkan, kualitas SDM dan mengembangkan potensi sumber daya alam, Pemkab Tolikara patut menelusuri sumberdaya alam yang terkandung di seluruh wilayah Tolikara untuk selanjutnya dikembangkan.

 

Dikatakan, upaya yang dilakukan Pemkab Tolikara melalui DPM, PTSP ini diharapkan mampu meningkatkan Pendapatan Asli Daerah/ PAD, sehingga diharapkan terjadi peningkatan perekonomian rakyat dan tentu saja mampu mencapai kesejahteraan rakyat.

 

“Pengkajian potensi sumberdaya sangat penting dilakukannya dalam upaya peningkatan PAD yang berimplikasi pada perekonomian dan kesejahteraan rakyat, maka perlu dieksplorasi sumberdaya lebih optimal mengenai potensi daerah di berbagai bidang diantaranya, bidang pertanian, peternakan, pariwisata dan pertambangan.

 

“Seminar awal kajian potensi Sumberdaya ini awal dari mengeksplorasi SDA yang ada di Tolikara untuk selanjutnya digali dan dikembangkan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi rakyat seluruh Tolikara,” kata Kepala Dinas Teri Joli Yikwa.

 

Sementara itu, Ketua Tim Kajian Sumberdaya dari Uncen Papua, Aron Simanjuntak, SE, M.Si menambahkan, untuk meningkatkan PAD dan pertumbuhan ekonomi rakyat, perlu pengkajian dan eksplorasi potensi daerah dan mempromosikan potensi daerah itu diberbagai media untuk menarik investor luar sehingga tertarik untuk menanamkan investasi di Tolikara, sehingga pertumbuhan ekonomi meningkat dan kesejahteraan keluarga dicapai sesuai harapan.

 

“Kabupaten Tolikara ini memiliki potensi sagat besar untuk perlu digali dan dari data yang kita dapatkan masyarakat Tolikara struktur ekonominya didominasi dari sektor pertanian. Dari seminar awal ini kami memperoleh gambaran awal di beberapa titik atau daerah terdapat pusat – pusat pertanian buah merah, buah nenas dan perkebunan kopi untuk dikembangkan,” katanya.

 

Dikatakan, daerah Tolikara sangat berlimpah ruah dengan sumber daya alam seperti bidang pertanian ada pertanian unggulan buah merah, kopi dan sayur-mayur lainnya.

 

“Potensi ini patut dikembangkan dengan berbagai strategi yang diramu dari beberapa OPD terkait yang mampu dikembangkan kontinyuitas atau terus menerus sehingga pertumbuhan ekonomi tetap stabil,” imbuhnya.(Diskominfo Tolikara/rm)

LEAVE A REPLY