JAYAPURA (PT) – Kementerian PPN/Bappenas mensosialisasikan kemitraan multi pihak dalam rangka mendukung pelaksanaan tujuan pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (TPB/SDGs) sebagai salah satu fokus agenda pembangunan nasional di Provinsi Papua.

 

Gubernur Papua, Lukas Enembe, SIP, MH dalam sambutannya yang dibacakan Staf Ahli Gubernur Papua, Simeon Itlay pada sosialisasi kemitraan multi pihak dalam mewujudkan Subtainable Development Goals/tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs/TBB) dan diskusi milenial peran anak muda dalam agenda 2030 di Jayapura, Rabu, (7/8).

 

“TPB/SDGs merupakan tanggung jawab bersama, baik pemerintah maupun non pemerintah,” kata Gubernur Lukas Enembe.

 

Dikatakan, dalam Perpres No 59 Tahun 2017 tentang Pelaksanaan Pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan telah ditekankan pentingnya pelaksanaan prinsip TPB/SDGs, yaitu no-one left behind dan inklusivitas.

 

Artinya, peran aktor non pemerintah sangat strategis dalam turut meningkatkan kapasitas dan memfasilitasi pelaksanaan program untuk pencapaian TPB/SDGs.

 

“Untuk itu, prinsip-prinsip kolaborasi antara pemerintah dan non pemerintah dalam pelaksanaan TPB/SDGs perlu ditekankan agar tercapai kerja sama yang konstruktif dan positif melalui prinsip-prinsip kemitraan,” ujarnya.

 

Gubernur Enembe menyebut untuk mewujudkan implementasi pelaksanaan Perpres tersebut di daerah khususnya di Papua bekerja sama dengan tim percepatan pembangunan wilayah Papua dan Papua Barat dalam mendukung pelaksanaan rencana kerja Papua Framework For Subtainable Development Goal melalui RAD di Papua menjadi bagian penting dalam rangkaian aksi koloborasi pembangunan berkelanjutan.

 

“Dengan dilaksanakannya forum komunikasi daerah dan mileneals di Papua diharapkan dapat mendukung upaya Pemprov Papua dalam mempercepat SDGs/TPB melalui pendekatan instrument kemitraan multi-pihak,” jelasnya.

 

Ia mengatakan tujuan kegiatan ini untuk membangun perhatian dan kepedulian serta membangun pemahaman tentang pencapaian SDGs/TPB melalui kemitraan multi-pihak.

 

Serta memberikan pemahaman pelaksanaan SDGs/TPB sesuai kearifan lokal.

 

“Mendong pelaksanaan perencanaan dan pengganggaran program pembangunan daetah yang melibatkan multi-pihak guna mencapai SDGs/TPB,” tandasnya.

 

Gubernur Enembe menambahkan, selain itu untuk mendorong kontribusi aktif pada kalangan mileneals dalam pencapaian SDGs/TPB. (ing/rm)

LEAVE A REPLY