JAYAPURA (PT) – Menjelang hari raya Idul Adha 1440 Hijriah, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Papua akan melakukan pemeriksaan antimortem pada hewan kurban tepatnya akan dilakukan 10 Agustus 2019.

 

Kepala Bidang Kesehatan Hewan, Drh. I Nyoman Polos mengatakan, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Papua akan lakukan pemeriksaan hewan kurban di beberapa titik pemotongan yaitu, mushola, masjid dan tempat pemotongan hewan yang berjumlah 74 titik pemotongan.

 

Dalam pemeriksaan ini, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Papua melibatkan 41 orang petugas, termasuk 29 orang para medis atau dokter hewan.

 

“Yang jelas, tempat pemeriksaan serta pengawasan kita kunjungi ada 74 masjid. Kami libatkan 41 petugas. Kami sudah rapat dan sepakati akan turun sehari sebelum Idul Adha untuk pemeriksaan atimortem,” kata Nyoman Polos, Jumat, (9/8).

 

Diakui, dalam pemeriksaan terhadap hewan kurban itu, pihaknya hanya fokus di Kota Jayapura saja, lantaran terbentur dengan keterbatasan anggaran.

 

“Sedangkan untuk kabupaten lain, dilakukan masing-masing dinas peternakan setempat,” katanya.

 

Ditambahkan, pemeriksaan hewan qurban ini, untuk memastikan keamanan daging kurban yang akan dikonsumsi oleh masyarakat. (ai/rm)

LEAVE A REPLY