JAYAPURA (PT) – Gubernur Papua, Lukas Enembe, SIP, MH secara resmi mencanangkan pemusatan latihan atau training center (TC) tim PON Papua menuju Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2020.

 

Pencanangan yang berlangsung di Stadion Mandala Jayapura, Senin, (19/8), siang, dihadiri atlet, pengurus KONI Papua, pimpin BUMD, pimpin OPD di lingkungan Pemerintah Provinsi Papua dan stakeholder lainnya.

 

Gubernur Lukas Enembe mengatakan, TC atlet Papua akan ditangani langsung oleh Pusat Pembinaan dan Pelatihan Provinsi Papua (Puslatprov) yang dipimpin oleh Kasdam XVII/Cenderawasih.

 

“Jadi, semua kegiatan TC akan dikoordinir langsung oleh Puslatprov, mau TC di dalam negeri atau di luar Indonesia, Pemerintah Provinsi Papua siap membiayai,” ujarnya.

 

Dikatakan, Puslatprov harus menyiapkan atlet-atlet terbaik yang akan bertanding di PON nanti, sehingga Papua bisa mencapai hasil yang baik, dimana, target kita Papua masuk lima besar di PON 2020.

 

“PON 2020 kita harus siapkan atlet terbaik yang akan harumkam nama Papua di tingkat Nasional maupun international, anak-anak Papua harus menjadi atlet olimpiade,” tegasnya.

 

Gubernur Enembe mengimbau kepada atlet Papua untuk latihan dengan baik, dan tunjukan prestasi pada event empat tahunan tersebut.

 

“Latihan baik, tunjukan kepada rakyat Indonesia bahwa kita hitam kerinting rambut, tapi kita punya hati putih, kita layani mereka dengan kasih menembus perbedaan,” katanya.

 

Multi event empat tahunan tersebut akan diselenggarakan di lima klaster, yakni Kota dan Kabupaten Jayapura, Biak, Merauke, Mimika dan Jayawijaya.

 

Oleh karena itu, suksesnya PON di Papua jika Papua juga harus sukses dalam meraih prestasi setingi tingginya.

 

“PON sukses kalau kita masuk lima besar,” tegas Gubernur Enembe.

 

Gubernur menambahkan, pon sukses juga kalau masyarakat merasakan manfaatnya, dimana ekonomi masyarakat harus sukses, percuma kita bangun venus dengan biaya triliun tapi masyarakat tidak merasakan manfaatnya.

 

“Selain sukses prestasi, papua juga harus mencapi kesuksesan lainnya, yakni sukses penyelenggaraan, sukses ekonomi dan sukses administrasi,” katanya.

 

Ditambahkan, sebanyak 47 cabang olahraga (cabor) yang akan melakukan TC dengan melibatkan 889 atlet. (lam/rm)

LEAVE A REPLY