JAYAPURA (PT) – Jembatan Hamadi-Holtekamp, Kota Jayapura, Papua bakal diresmikan oleh Presiden RI, Ir Joko Widodo pada Oktober 2019.

“Soal Jembatan Hamadi-Holtekamp tadi Pak Gubernur (Gubernur Papua Lukas Enembe-red) dan Pak Menteri (Menteri PUPR M Basoeki Hadimuljono-red) sudah bicara dan rencananya pada bulan Oktober penyelesaian tanahnya akan dituntaskan. Setelah itu baru ada rencana peresmian,” kata Kepala Balai Besar Pembangunan Jalan dan Jembatan Wilayah XVIII Kementerian PUPR   Provinsi Papua, Oesman H Marbun kepada wartawan di Sentani.

Oesman mengungkapkan pengerjaannya jembatan telah selesai 100 persen dan tinggal diresmikan.

Namun, masih ada kendala pada penyelesaian hak ulayat.

“Jadi, kami tinggal menunggu Gubernur Papua melakukan penyelesaian tanah yang akan diselesaikan pada bulan Oktober. Dimana pembayaran ulayat tanah yang belum diselesaikan dengan panjang 7,5 km yang menuju ke arah ke Koya itu menjadi tanggung jawab Pemprov Papua,” katanya.

Sedangkan, untuk arah ke Hamadi, kata Osman Marbun, adalah menjadi tugas tanggung jawab Pemerintah Kotamadya Jayapura.

Kemudian terkait tuntutan masyarakat yang harus dibayarkan, Oesman Marbun mengaku secara detailnya dirinya belum mengetahui.

Dikarenakan ada yang sudah dibayarkan sebesar Rp 26,1 milyar yang sudah keluar dana pemerintah untuk ganti rugi tanah.

Akan tetapi, karena ada kesalahan bayar sebesar Rp 5 milyar sehingga uangnya dikembalikan ke Pemerintah.

“Jadi, tunggu dulu penyelesaian tanah siapa yang berhak dan siapa yang memiliki tanah tersebut atas kewenangan hak ulayat,” pungkasnya. (lam/rm)

LEAVE A REPLY