SENTANI (PT) – Dalam upaya meningkatkan ketrampilan dan wirausaha bagi masyarakat kampung yang ada di Kabupaten Jayapura, Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah Kabupaten Jayapura menggelar Pelatihan Kewirausahaan Ketrampilan Ukir Ukiran bagi 5 Kampung di Kabupaten Jayapura, Selasa, (17/9).

Asisten III Sekda Kabupaten Jayapura, Timothius J. Demetouw mengharapkan, pelatihan ukir ukiran dapat meningkatkan potensi bagi masyarakat dalam mengukir di Kabupaten Jayapura.

“Potensi mengukir di Kabupaten Jayapura sudah ada, di semua tempat di Kabupaten Jayapura itu ada, tapi sifatnya masih tradisional,” katanya.

Timothius J. Demetouwkami yang juga sebagai Plt Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah Jayapura ini, melihat potensi keterampilan ukir ukiran ini bisa didorong untuk meningkat usaha produktifitas bagi masyarakat kampung.

“Untuk itu, kami mendorong mereka datang ke sini untuk mempelajari bagaimana mengunakan alat untuk mengukir, sehingga produktifitas mereka meningkat dan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat,” ujarnya.

Selain itu, imbuhnya, sebagai dinas pembina UMKM di Kabupaten Jayapura, dengan kelompok yang sudah ada, maka kelompok itu akan dibina dan memberikan dukungan untuk meningkatkan usaha itu.

“Jadi, sementara pelatihan ukir ukiran diprioritaskan hanya 5 distrik dulu dari 19 distrik, sehingga yang saat ini mengikuti pelatihan dapat menjadi duta dan akan dilanjutkan dengan distrik yang lain,” imbuhnya. (ai/sri)

LEAVE A REPLY