SENTANI (PT) – DPR Papua secara resmi telah mengesahkan Peraturan Daerah Khusus (Perdasus) tentang Perubahan Nama Bandara Sentani menjadi Bandara Dortheys Hiyo Eluay dalam sidang paripurna DPR Papua, 18 September 2019.

Putra Tokoh Papua, Dortheys Hiyo Eluay, Yanto Eluay mengatakan, jika pihaknya sebagai keluarga Theys Hiyo Eluay memberikan apresiasi kepada DPR Papua, Pemerintah Provinsi Papua yang sudah terlibat dan memberikan penghargaan kepada Tokoh Papua Dortheys Hiyo Eluay yang namanya digunakan sebagai Nama Bandara Sentani itu.

“Hal ini merupakan kehormatan bagi keluarga, secara khususnya juga bagi masyarakat adat Papua, dimana salah satu tokoh adat dihargai dan dihormati, yang namanya diabadikan menjadi nama bandar udara di Sentani,” kata Yanto Eluay, Jumat, (20/9).

Diketahui bersama bahwa nama bandar udara yang ada di Indonesia merupakan nama tokoh yang telah berjasa bagi bangsa dan negara.

“Hari ini, salah satu tokoh adat Papua, yang memperjuangkan harkat dan martabat orang asli Papua, yaitu Dortheys Hiyo Eluay, melalui DPR Papua dalam raperdasi, menjadi Badar Udara Dortheys Hiyo Eluay,” imbuhnya. (ai/sri)

LEAVE A REPLY