JAYAPURA (PT) – Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Papua melakukan pertemuan dengan KONI Papua meminta masukan untuk penyempurnaan aplikasi Sistem Informasi Manajemen Pekan Olahraga Nasional (SIM PON) Papua XX Tahun 2020.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Provinsi Papua Kansiana Salle, SH mengaku, pertemuan ini untuk meminta masukan dari KONI Papua guna menyempurnakan SIM PON.

“Kita sudah beberapa kali melakukan pertemuan baik Fokus Grup Discusi (FGD) maupun sosialisasi, kali ini kita lakukan dengan KONI Papua,” kata Kansiana kepada pers usai melakukan pertemuan dengan KONI Papua di ruang pertemuan kantor Dinas Kominfo Papua, Senin, (30/9).

Menurutnya, aplikasi SIM PON mendapat respon dan dukungan baik dari KONI Papua untuk digunakan pada PON XX tahu 2020.

“Kami mendapat respon dan dukungan dari KONI Papua untuk  penggunaan SIM PON ini baik pertandingan maupun non pertandingan dengan beberapa penyempurnaan dan harus disesuaikan sesuai kebutuhan,” jelasnya.

Wakil Sekretaris KONI Papua, Rahmat Maribun mengatakan, KONI Papua mengapresiasi langkah yang dilakukan Dinas Kominfo Papua dalam menyiapkan layanan aplikasi SIM PON.

“Kami memberikan apresiasi kepada Dinas Kominfo Papua yang membidangi TIK. Kita tahu semua bagaimana layanan yang akan dilakukan pada PON nanti kalau bisa terintegrasi dengan sistem informasi sehingga lebih sederhana dan mudah serta cepat dalam memberikan pelayanan,” terangnya.

Namun demikian, KONI Papua minta prioritas, sebab penyediaan aplikasi SIM PON ini merupakan kebutuhan untuk prestasi.

“Dalam persiapan, kami juga sebagai kontingen akan meminta prioritas karena ini adalah kebutuhan prestasi. Sekaligus mewakili kontingen dari seluruh provinsi, sebab ada 14 layanan yang harus terintegrasi,” ujarnya.

Sementara itu, Ahmad Ikhlas yang mengelola SIM PON mengaku, SIM PON ini sangat kompleksitas pengelolaan multi event.

“Kita menggunakan teknologi berbasis revolusi industri sero, dimana didalammnya komponennya salah satunya menggunakan mubail aplikasi dan big data analisis,” katanya.

Aplikasi SIM PON ini merupakan salah satu sistem terintegrias dan terpadu yang bertujuan untuk mengelolah baik sebelum dan pra ivent baik pada saat pertandingan dan setelah pertandingan.

“SIM PON ini menggunakan teknologi terbaru dan bisa menyelesaikan serta menjadi sosusi untuk mengatasi komplesitas pengelolaan multi iven,” tandasnya. (ing/rm)

LEAVE A REPLY