JAYAPURA (PT) – Asisten Bidang Pemerintahan Sekda Papua, Doren Wakerkwa, SH menyoroti tingkat kehadiran Aparatur Sipil Negara (ASN) pada apel pagi di halaman Kantor Gubernur Papua, Senin, (14/10), menjadi sorotan.

“Tugas pokok ASN meningkatkan disiplin, Gubernur mengharapkan ASN menegakkan disiplin,” tegasnya dalam arahannya pada apel pagi.

Doren mempertanyakan, sebagai penyelenggara pemerintahan dan pelayan publik serta pelaksana pembangunan, jumlah pegawai yang tidak masuk apakah itu disebut sebagai penyelenggara pemerintah.

“Tadi saya ikuti dari laporan, banyak yang tidak hadir ini menunjukkan setiap Pak Sekda pimpin apel, biasa kita bilang semangat pagi itu analisa semangat paginya seperti apa, sampai ada yang 100 orang lebih yang tidak hadir,” katanya.

Dikatakan, untuk menjadi seorang pegawai sangat susah, setelah menjadi PNS harus merealisasikan tugas sebagai penyelenggara negara.

Oleh sebab itu, semua ASN harus ikut apel.

“Kepala dinas dan badan harus membangun koordinasi, rapat koordinasi jalan dengan kepala bidang dan kepala seksi, supaya konektivitas dalam pemerintah dibangun,” tandasnya.

Doren menilai tingkat kedisiplinan ASN di lingkungan Pemprov Papua, masih perlu ditingkatkan.

Tolak ukurnya, sampai saat ini masih saja ditemukan sejumlah pegawai yang tak hadir dalam apel, bahkan mangkir saat jam kerja.

“Sebab, perubahan itu harus dimulai sejak sekarang. Dengan demikian segala bentuk ketidakdisilinan akan bisa diminimalisasi,” katanya.

Ia mengimbau agar semua ASN untuk wajib memenuhi panggilan tugasnya.

Sebab, sebagai pegawai yang digaji oleh negara, sudah sepatutnya ASN meningkatkan disiplin dan kinerja.

“Makanya, saya imbau mari kita sebagai ASN menyadari apa yang menjadi tugas dan kewajiban kita. Sebab, kita semua ini dibayar negara untuk melayani masyarakat,” pungkasnya. (ing/sri)

LEAVE A REPLY