SENTANI (PT) – Sekda Kabupaten Jayapura, Hana Hikoyabi meresmikan Program Layanan Lumpur Tinja Terjadwal sekaligus dengan Instalasi Pengelolaan Lumpur Tinja di halaman Kantor Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahaan Rakyat Kabupaten Jayapura, Kamis, (31/10).

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Kabupaten Jayapura, Alpius Toam mengatakan, ini merupakan suatu program dari Kementerian PUPR Pusat dalam penyediaan Layanan Penyedotan Lumpur Tinja.

“Karena itu menjadi penting di Indonesia, dimana Kabupaten Jayapura yang ke 9 dan ini baru dikembangkan,” katanya.

Pelayanan Penyedot Lumpur Tinja saat ini khusus di daerah sekitar Sentani Kota, untuk awal perkenalan kepada masyarkat Kabupaten Jayapura.

“Hari ini kita perkenalkan kepada masyarakat Kabupaten Jayapura, pelayani penyedotan lumpur tinja, Ini menjadi salah satu pendapatan daerah, yang akan meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD),” ujarnya.

Ia menambahkan, selama 2017 fasilitas untuk pengelolaan lumpur tinja telah beroperasi tepatnya di Kampung Waibron dan dikelola ileh Unit Pelaksana Teknis Daerah Pengelolaan Air Limbah Domestik (UPTD PALD).

“Kemarin sudah diuji coba dan launching hari ini sudah bisa layani penyedotan, dengan kapasitas 15 M³ per hari dan 2 unit truk tinja,” ujarnya.

Ia berharap dengan adanya layanan Penyedot Lumpur Tinja yang telah dilaunching, masyarakat Kabupaten Jayapura dapat sadar lingkungan tentang arti penting lingkungan yang sehat.

“Kita berharap, semua mulai dari kepala distrik dan kampung, dapat terlayani,” harapnya.

Ditambahkan, jika masyarakat Kabupaten Jayapura yang ingini mengunakan layanan Penyedot Lumpur Tinja, dapat menghubungi 081343046001 dengan dikenakan biaya sebesar Rp 420 ribu. (ai/sri)

LEAVE A REPLY