JAYAPURA (PT) – Partai Nasional Demokrat (NasDem) telah menunjuk Herlin Beatrix Monim menjadi Ketua Fraksi NasDem DPR Papua.

Ketua Sementara DPR Papua, Johny Banua Rouw mengungkapkan, jika sudah ada surat penunjukkan terhadap Herlin Beatrix Monim itu.

“Sesuai surat Ketua MK yang dikirim semua pimpinan dan ketua fraksi se Papua, untuk DPR Papua ditunjuk Ibu Herlina Beatrik Monim sebagai Ketua Fraksi dan SK penunjukan sudah ada dari DPP Partai NasDem,” kata Johny Banua Rouw, Senin, (4/11).

Diakui, pengusulan nama calon Ketua Fraksi Partai NasDem DPR Papua itu, satu paket dengan usulan nama calon Ketua DPR Papua.

“Iya, begitu,” katanya singkat.

Untuk komposisi di internal Fraksi Partai NasDem, baik sekretaris maupun bendahara serta anggota fraksi, lanjut Johny Banua Rouw, tentu akan dibahas dalam internal fraksi.

Sebab, kata Johny Banua Rouw, SK dari DPP Partai NasDem itu, hanya menyebut ketua fraksi saja.

“SK kami cuma menyebutkan ketua fraksi nanti yang lain mungkin dibahas internal,” jelasnya.

Johny Banua berharap jika sesuai jadwal DPR Papua dimana minggu ini dari partai politik mengirimkan fraksi-fraksi, ada fraksi murni partai dan fraksi gabungan.

Untuk fraksi gabungan ini, maksimum hanya diperbolehkan dua fraksi saja.

“Saat ini, fraksi gabungan ini tengah dalam loby. Partai politik saat ini tengah meloby untuk membentuk fraksi gabungan di DPR Papua,” katanya.

Johny menegaskan, jika NasDem telah siap untuk fraksinya.

Ada 6 fraksi murni, sehingga pihaknya menunggu fraksi gabungan yang akan diusulkan nanti.

“Kan ada Berkarya, PPP, PKB, PKS, Perindo dan Garuda. Yang memiliki tiga kursi ada beberapa partai yakni PKB, PKS, Berkarya. Ya, peluangnya ada 2 fraksi gabungan maksimal, dimana 1 fraksi minimal 5 kursi karena aturannya bahwa minimal sama dengan jumlah komisi,” imbuhnya. (sri/rm)

LEAVE A REPLY