JAYAPURA (PT) – Serah terima jabatan (sertijab) Direktur Polairud dan 10 Kapolres di jajaran Polda Papua akhirnya digelar di Aula Rastra Samara Mapolda Papua, Kota Jayapura, Jumat, (8/11).

Upacara itu menyusul keluarnya Surat Telegram Kapolri Nomor: ST/2852/X/KEP/2019 dan Nomor: ST/2855/X/KEP/2019 tertanggal 21 Oktober 2019 dan ditandatangani oleh Asisten SDM Mabes Polri, Irjen Pol. Dr. Eko Indra Heri di Jakarta.

Kapolda Papua, Inspektur Jenderal Paulus Waterpauw dalam arahannya menekankan, pejabat yang baru tersebut agar bekerja dengan hati, sebagaimana amanat Kapolri Jenderal Idham Aziz.

“Kepada semua anggota agar kerja dengan hati. Dengan (hasil) kerja keras pasti ada reward, ibu-ibu juga harus mendukung suaminya selama kita diberikan amanah untuk bekerja, sebab suatu saat itu bisa diambil,” pesan Kapolda Paulus Waterpauw.

Dia mengatakan, jika mutasi dalam tubuh Polri merupakan hal yang biasa dilakukan sebagai penyegaran organisasi.

Kapolda juga meminta para perwira menengah lainnya untuk bersabar sembari meningkatkan kinerjanya, guna mendapatkan promosi jabatan.

Mantan Kapolda Sumatera Utara ini juga meminta kepada para Kapolres jajarannya agar lebih mendekatan diri kepada masyarakat, dengan mengerahkan potensi yang dimiliki anggotanya.

“Jangan pas Kapolda lewat baru sibuk. Datangi masyarakat dan sapa mereka. Ingat senyum, sapa dan salam, itu akan menyentuh mereka,” ujarnya.

Informasi yang diperoleh Papuatoday.com, Kabupaten Puncak Jaya yang rawan dari gangguan kelompok kriminal bersenjata (KKB) disebut Waterpauw dapat dikendalikan AKBP. Agustinus Ary Purwanto selama menjabat Kapolres.

Kini, ia menjadi Kapolres Merauke. Sementara Kapolres Puncak Jaya dijabat AKBP. Mikael Suradal.

Sementara itu, Direktur Polisi Perairan dan Udara Polda Papua, Kombes Pol. Yulius Bambang Karyanto mendapatkan promosi jabatan sebagai Kasubditfasharkam Ditpolairud Korpolairud Baharkam Polri.

Penggantinya, Kombes Pol. Ir. Kasmolan yang sebelumnya menjabat Analis Kebijakan Madya Bidang Polair Baharkam Polri.

Adapun 10 Kapolres yang digantikan antaralain Kapolres Jayawijaya, AKBP. Tony Ananda Swadaya, dimutasikan sebagai Pamen Polda Papua.

Sementara jabatan lama diisi AKBP. Dominggus Rumaropen, Kasubdit Bhabinkamtibmas Dit Binmas Polda Papua.

Kapolres Sarmi, AKBP. Paul Isak Saukoly dimutasikan sebagai Pamen Polda Papua dan digantikan oleh AKBP. Hapry Lanudjun, Kasubbid Provos Bidpropam Polda Papua.

Demikian juga Kapolres Keerom, AKBP. Muji Windi Harto dimutasikan sebagai Pamen Polda Papua dan digantikan AKBP. Baktiar Joko Mujiono, Wadir Resnarkoba Polda Papua.

Kapolres Kepulauan Yapen, AKBP. Penri Erison, dimutasikan sebagai Pamen Polda Papua dan digantikan AKBP Kariawan Barus, Kaden A Pelopor Satbrimob Polda Kepri.

Kapolres Waropen, AKBP. Supraptono, dimutasikan sebagai Pamen Polda Papua dan digantikan AKBP Suhadak, Kabubdit I Ditintelkam Polda Papua.

Kapolres Boven Digoel, AKBP. Yohanes Afri Budi Slamet Riyadi, dimutasikan sebagai Pamen Polda Papua dan digantikan AKBP. Syamsurijal, Kabagbinopsnal Ditreskrimum Polda Papua.

Sementara Kapolres Mappi AKBP. I Gusti Agung Dhana Aryawan diangkat sebagai sebagai Kapolres Bangli Polda Bali dan digantikan AKBP. Kosmos Jeujanan, Kepala SPKT Polda Papua.

Jabatan Kapolres Mimika diisi AKBP. I Gusti Gede Era Adhinata, penyidik madya Ditreskrimum Polda Metro Jaya.

Pejabat lama AKBP. Agung Marlianto, diangkat sebagai Kasubbaglemwil Baglem Rolemtalasrena Polri.

Kapolres Merauke, AKBP. Bahara Marpaung diangkat dalam jabatan baru sebagai Wadir Resnarkoba Polda Papua.

Sedangkan jabatan lama diisi oleh AKBP. Agustinus Ary Purwanto, yang sebelumnya menjabat Kapolres Puncak Jaya.

Sementara jabatan Kapolres Puncak Jaya diisi oleh AKBP. Mikael Suradal yang sebelumnya menjabat Irbid Itwasda Polda Papua. (mt/sri)

LEAVE A REPLY