JAKARTA (PT) – Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) XV 2019 resmi dibuka Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali di Gelanggang Mahasiswa Soemantri Brodjonegoro, Jakarta, Minggu (17/11) malam.

Acara ini dibuka dengan pengenalan maskot Popnas XV 2019 dan parade defile peserta dari 34 Provinsi se Indonesia, dan akan berlangsung sejak 17 hingga 25 November 2019.

Popnas XV 2019 awalnya akan diadakan di Provinsi Papua sebagai rangkaian menuju Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020.

Namun, Papua belakangan kondisi keamanan dan faktor kesiapan peralaran sehingga Kemenpora kemudian mengambil alih dan mengajak kerja sama pemerintah DKI Jakarta dan Jawa Barat menjadi tuan rumah.

Menpora dalam sebutannya mengajak para pelajar untuk berprestasi bukan hanya di tingkat pelajar, tapi juga di level yang lebih tinggi lagi seperti wakili Indonesia dalam ajang internasional pada masa depan.

Menpora juga mendorong kepada pemerintah daerah agar memberikan ruang yang lebar bagi para pelajar supaya bisa mengembangkan bakatnya di bidang olahraga.

“Pemerintah menaruh harapan kepada Pemda untuk memberikan ruang pelajar supaya bisa mengembangkan bakat mereka di bidang olahraga dan berprestasi di tingkat regional maupun nasional,” katanya.

Popnas XV 2019 mempertandingkan 13 cabang olahraga.

Sebagian besar pertandingan Popnas XV 2019 akan berlangsung di Jakarta, sementara lainnya menyebar di Bogor, Karawang dan Bandung. (lam/sri)

LEAVE A REPLY