SENTANI (PT) – Pengurus Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Jayapura periode 2019-2024 dilantik oleh Ketua PMI Provinsi Papua, Yolanda Tinal di Aula Kantor Bupati Jayapura, Rabu (4/12).

Dalam pelantikan tersebut, Wakil Bupati Kabupaten Jayapura, Giri Wijayantoro, resmi menjadi Ketua PMI Kabupaten Jayapura periode 2019-2024.

Pelantikan PMI Kabupaten Jayapura yang dihadiri Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, Forkompimda Kabupaten Jayapura.

Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw saat memberikan sambutan mengatakan, PMI adalah organisasi kemanusian, oleh karena itu setiap pengurus yang terlibat harus memahami 7 prinsip dasar Palang Merah Indonesia dan Bulan Sabit Merah.

Hal itu menandakan pekerjaan PMI bahkan hanya donor darah, bukan sekedar membantu orang dalam kecelakaan, akan tetapi melihat rasa kemanusiaan secara untuh.

“Bukan sekedar donor darah, bukan sekedar membantu orang dalam kecelakaan tetapi melihat kemanusiaan secara utuh. Keberagaman yang kita miliki ini juga satu tantangan bagaimana berdiri di depan untuk berbicara tentang persamaan hak dan masalah hak asasi manusia ini juga menjadi tantangan,” katanya.

Sementara Ketua Palang Merah Indonesia Provinsi Papua, Yolanda Tinal mengatakan sebagai organisasi kemanusian yang telah berkiprah sejak tahun 1945, PMI tentunya telah melawati berbagai peristiwa yang secara berkelanjutan dan telah membentuk organisasi menjadi lebih profesional.

“Melewati berbagai peristiwa yang akhirnya membentuk organisasi ini menjadi lebih profesional tanggap dan konsisten baik dalam menjalankan roda organisasi pengelolaan darah pelayanan tanggap darurat bencana dan pelayanan sosial kemasyarakatan lainnya,” ujarnya.

Untuk itu, Yolanda Tinal berharap PMI Kabupaten Jayapura dengan pengurus baru ini dapat memaksimalkannya perannya untuk mampu menjalankan misi visi kemanusiaan dan memerankan diri sebagai lembaga kemanusiaan yang selalu aktif dan peduli terhadap berbagai upaya penanganan masalah kemanusiaan di daerah.

Diharapkan dari kepengurusan yang baru ini dapat lebih giat lagi dalam melakukan pelayanan pengelolaan darah, pelayanan sosial kemasyarakatan di wilayah kabupaten jayapura.

“Pengurus PMI Kabupaten Jayapura yang baru dilantik pada hari ini dapat segera bergerak cepat untuk merancang berbagai program kerja untuk mendukung serta mengoptimalkan peran serta PMI Kabupaten di tengah masyarakat,” imbuhnya. (ai/sri)

LEAVE A REPLY