JAYAPURA (PT) – Guna menyukseskan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2020 di Bumi Cenderawasih, berbagai kesiapan dilakukan masing-masing bidang pada Panitia Besar Pekan Olahraga Nasional (PB PON) XX Papua.

Bidang Transportasi yang diketuai oleh Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Papua, Reky Ambrauw, melakukan Audiensi dengan Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Jawa Barat, pekan lalu.

Kegiatan studi banding dilakukan karena Jawa Barat sukses menjadi tuan rumah penyelenggaraan PON ke- XIX tahun 2016.

Bukan hanya sebagai penyelenggara, mereka juga sukses dalam prestasi dan administrasi.

Rombongan bidang Transpotasi dipimpin Kadishub Papua Recky Ambrauw, Ditlantas Polda Papua, Pimpinan Organda Papua, Balai Transportasi Kementerian Perhubungan RI Papua dan Papua Barat.

Reky Ambrauw mengatakan, pada PON 2020 di Papua, sebanyak 37 cabang olahraga akan dipertandingan tiga klaser, yakni Kabupaten Mimika, Merauke dan Kota/Kabupaten Jayapura.

Oleh karena itu, kedatangan bidang transportasi PB PON Papua ke Jawa Barat untuk Audiensi.

“Kami datang ke Jawa Barat untuk audiensi, karena mereka (Pemda Jawa Barat-red) sukses dalam pelaksanaan PON XIX  tahun 2016 lalu,” katanya kepada wartawan di Jayapura, Selasa (10/12).

Reky menjelaskan, pelaksanaan PON di Papua, 80 persen kontingen akan datang menggunakan transportasi udara.

Untuk itu, pihaknya bertemu Dishub Jawa Barat, untuk menunjukkan apa yang sudah dibuat dan jika masih ada kekurangan, maka bisa mendapat saran dan masukan.

“Audiensi ini sangat penting, kami bisa belajar dari Jawa Barat sehingga ada hal yang sifatnya teknis maupun operasional dapat kami pelajari dan diskusi bersama agar menjadi bekal bagi kami dalam menyukseskan PON 2020,” ungkapnya.

Reky berharap, dari audiensi ini, hasilnya akan kita koordinasi dengan SUB PB PON bidang transportasi di masing-masing klaster.

“Kami berharap saran dan masukan dari Dishub Jawa Barat dapat bermanfaat bagi penyelenggaraan PON di Papua. Terimakasih kepada Pemerintah Jawa Barat, kalau Jawa Barat bisa sukses, kami yakin dan optimis Papua juga akan sukses,” pungkasnya. (lam/sri)

LEAVE A REPLY