JAYAPURA (PT) – Jadwal pelantikan 33 Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Provinsi Papua masih menunggu kehadiran Gubernur Papua, Lukas Enembe, SH, MH.

Sekda Papua, TEA Hery Dosinaen mengatakan, pelantikan kepala OPD tersebut sebelumnya dijadwalkan akan dilakukan pada tanggal 9 Januari 2020.

“Pelantikan diundur, karena masing menunggu Gubernur, karena beliau masih ada mau pertemuan dengan Presiden,” ungkap Sekda Hery kepada wartawan usai menerima laporan hasil pemeriksaan atas efektivitas penggunaan dana Otsus pada pemerintah Provinsi Papua dan pemerintah kabupaten/kota di ruangan di kantor BPK RI, Senin (13/1).

Namun demikian, Sekda memastikan pelantikan pimpinan OPD akan dilakukan bulan Januari tahun ini.

Sebelumnya, Gubernur Papua, Lukas Enembe menegaskan dari 52 OPD akan dirampingkan menjadi 35 OPD.

Dimana 35 OPD hasil perampingan akan diisi oleh para pejabat yang berkompeten, handal, profesional dan berintegritas tinggi.

“Semua harus melalui uji kompetensi dan memenuhi syarat, dengan harapan keberadaan OPD yang baru ini mampu menjawab permasalahan yang selama ini belum terlaksana dengan baik,” kata Gubernur.

Dia menjelaskan sesuai aturan ASN akan ada seleksi terbuka yang bisa diikuti siapa saja, namun soal lulus akan ada tim seleksi yang menilai.

“Yang memenuhi syarat itulah yang akan lolos. Sementara yang tidak lolos atau mendapat kesempatan otomatis berakhir (non job),” imbuhnya. (Toding)

LEAVE A REPLY