JAYAPURA (PT) – Pemerintah Kabupaten Pegunungan Bintang mengusulkan kepada Kementerian Perhubungan agar menambah pesawat cargo bersubsidi berbadan lebar.

Bupati Pegunungan Bintang Constant Oktemka mengatakan, dengan adanya penambahan pesawat berbadan lebar dapat menambah angkutan yang lebih banyak.

“Dengan demikian dapat membawa barang dalam jumlah lebih besar dan satu kali jalan saja, tidak perlu bolak balik,” kata Bupati Oktemka kepada wartawan, Selasa, (21/1).

“Oksibil kan daerah yang cuacanya tidak menentu, pagi bagus dalam beberapa jam bisa jelek sehingga dengan pesawat yang besar bisa mengangkut barang yang banyak,” sambungnya.

Sementara mengenai adanya pemberian subsidi kargo, Bupati Oktemka memberi apresiasi kepada Kementerian Perhubungan.

Dimana, hal ini memberi hal positif kepada masyarakat.

“Memang sebelumnya dikasih porsi terbatas, tetapi dengan melihat kebutuhan masyarakat ditambah kuotanya dan berjalan dengan baik,” jelasnya.

Namun demikian, ia berharap kedepan Kementerian Perhubungan dapat melayani sampai tingkat distrik.

Sebab, masyarakat banyak yang tinggal di distrik sehingga dengan adanya subsidi ini berdampak positif bagi masyarakat.

Sebagaimana diketahui, Subsidi Angkutan Udara Perintis Kargo dan Subsidi Angkutan Udara Penumpang merupakan Program Pemerintah, melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Udara, guna mempermudah akses transportasi masyarakat di wilayah Terisolir, Terluar, Tertinggal dan Perbatasan (3TP). (Toding)

LEAVE A REPLY