JAYAPURA (PT) – Ketua Umum KONI Pusat, Letjen TNI (Purn). Marciano Norman optimistis pembangunan venue pertandingan untuk Pekan Olahraga Nasional PON XX tahun 2020 dapat selesai tepat waktu.

“Kita sudah kunjungi venue yang ada di Mimika dan Jayapura sini. Semuanya bisa selesai sesuai dengan jadwal,” ujar Marciano kepada wartawan usai meninjau sejumlah venue di Jayapura, Rabu, (12/2).

Dalam kunjungannya, Ketua Umum KONI Pusat didampingi Deputi Pembudayaan Olahraga Kemenpora, Raden Isnanta, Sekum PB PON, Elia Loupatty, Sekretaris Dinas Olahraga dan Pemuda, Idris Salama dan stakeholder lainnya.

Marciano menjelaskan, pekerjaan venue PON yang dikerjakan oleh Pemerintah pusat dan pemprov Papua diharapkan bisa rampung Juli mendatang.

“Secara umum pembangunan venue dalam progres, tapi venue yang dibangun ini tidak dengan dana yang sedikit. Saya sebagai Ketua KONI tentunya berharap venue yang dibangun dengan biaya mahal ini dapat melahirkan atlet-atlet yang berprestasi,” katanya.

Marciano menambahkan, venue lapangan tenis di samping Kantor Walikota Jayapura merupakan lapangan tenis terbaik di Indonesia, karena pemandangan sangat menakjubkan.

Oleh karena itu, mantan Kepala Badan Intelejen Indonesia ini harapkan, dengan venue terbaikini, nanti lahir petenis potensial dan berprestasi, minimal dari Indonesia Timur sebagai sentra pembinaan olahraganya.

Terkait kunjungannya ke Kabupaten Mimika, katanya, venue di kota emas tersebut fasilitasnya sangat baik, seperti Mimika Sport Centre merupakan salah satu venue atletik dan basket terbaik.

Oleh karena itu, ia optimistis PON akan berjalan dengan baik.

“Optimitis melihat kemajuan yang ada, Kita harapkan seluruh venue PON bisa rampung pada bulan Juli 2020,” harapnya.

Dalam kunjungannya, Ketua Umum KONI Pusat, menyempatkan diri untuk meninjau Venue Baseball dan Sotfball di Lanud Silas Papare Sentani, Jayapura.

 

Kemudian Venue Baseball dan Sotfball, lapangan sepak bola Mahacandra Universitas Cenderawasih, Venue Balai Latihan Kesehatan (Balatkes) Papua, Gedung Olahraga Trikora Universitas Cenderawasih, Lapangan Tenis Kantor Walikota Jayapura dan Venue Voli di Koya, Kota Jayapura. (Lambert/Sri)

LEAVE A REPLY