SENTANI (PT) – Pesawat TNI AU CN A-2909 dengan pilot Mayor Penerbang Ari Wicaksono ditembaki oleh Kelompok Kriminal Bersenjata di Oksibil, Kabupaten Pegunungan Bintang, Senin, (23/3).

Pesawat CN A-2909 diketahui tengah menjalankan misi membantu pembangunan di Kabupaten Pegunungan Bintang sejak kemarin.

Pesawat yang take off dari Bandara Sentani, Kabupaten Jayapura pukul 07.40 WIT dan tiba pukul 08.32 WIT.

“Saat beberapa menit ingin melakukan leading di Oksibil, sebelumnya sudah melakukan penerbangan di sana sebanyak dua sorti. Sepertinya, sudah dilakukan pengintaian oleh KKB,” kata Danlanud Silas Papare, Marsma TNI. Tri Bowo Budi Santoso, saat ditemui di Mako Lanud Silas Papare.

Menurutnya, usai melakukan pengiriman logistik di Oksibil, kemudian pesawat kembali ke Base Ops Lanud Silas Papare di Bandara Sentani, Kabupaten Jayapura.

“Setelah tiba di Base Ops Lanud Silas Papare, melakukan pengecekan ada beberapa lubang akibat penembakan itu. Saat ini pesawat akan dilakukan perbaikan Banharlam yang akan dikirim dari Bandung dan Jakarta,” ujarnya.

Danlanud berharap perlu adanya pengamanan di wilayah Pegunungan Bintang agar pada saat melakukan leading di wilayan itu, tidak ada gangguan.

“Tentunya akan ada evaluasi lagi untuk daerah perlintasan yang terjadi, Pemerintah Daerah dapat menghimbau masyarakatnya bahwa TNI AU membantu pemerintah daerah dalam hal pendistribusian bahan bahan bagi pembangunan di daerah itu. Jika tidak aman, kita tidak akan masuk, jika tidak ada jaminan ekamanan di perlintasan penerbangan di Bandara Oksibil,” pungkasnya. (ai/rm)

LEAVE A REPLY