JAYAPURA (PT) – Empat pasien positif Corona atau Covid-19 yang ditangani Tim Medis Satgas Covid-19 Provinsi Papua dinyatakan sembuh.

Mereka diperbolehkan pulang dan dianjurkan mengkarantina diri di rumah masing-masing, Sabtu, 4 April 2020.

Hal ini disampaikan Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Papua, dr. Silwanus Sumule kepada wartawan melalui siaran persnya, Sabtu malam.

Silwanus Sumule menjelaskan jika satu pasien yang meninggal dunia di RSUD Timika, Jumat, 3 April 2020 malam, berstatus positif Corona.

“Empat pasien positif Corona sudah kembali ke rumahnya dan satu pasien yang meninggal Jumat kemarin, positif Corona. Almarhum telah dimakamkan Sabtu pagi tadi,” kata Silwanus.

Sementara, 13 pasien lainnya yang positif Corona masih dirawat di rumah sakit umum daerah masing-masing.

Dua diantaranya lansia berusia 70 tahun.

Silwanus memohon dukungan doa dari seluruh pihak untuk kesembuhan pasien yang saat ini ditangani tim medis Satgas Covid-19 Papua.

Demikian juga untuk para medis yang merawat.

“Pasien kami yang lanjut usia saat ini mengalami sakit berat dan menggunakan alat bantu pernafasan,” ungkapnya.

Silwanus menyebut, total pasien dalam pengawasan (PDP) di Papua hingga Sabtu, 4 April 2020 malam sebanyak 42 orang.

Jumlah ini terdiri PDP di Kota Jayapura sebanyak 20 orang, Kabupaten Mimika 15 orang, Kabupaten Jayapura 4 orang, Biak Numfor 1 orang, Puncak Jaya 1 orang dan Nabire 1 orang.

Sementara itu, total orang dalam pemantauan (ODP) di Papua mengalami penurunan dari sebelumnya 6.733 orang, kini menjadi 6.397 orang.

Jumlah ODP terbanyak berada di Kabupaten Jayapura yang mencapai 944 orang.

“331 ODP hari ini diperbolehkan pulang karena selama 14 hari diisolasi kondisi mereka tetap stabil. Tidak ada gejala Covid-19 sama sekali,” imbuhnya. (mt/sri)

LEAVE A REPLY