SENTANI (PT) – Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Yowari, Kabupaten Jayapura, Petronlea Risamasu mengatakan, dua orang petugas kesehatan di Kabupaten Jayapura  diketahui terpapar virus Covid 19.

Namun, satu diantaranya sudah dinyatakan sembuh dan kembali beraktivitas.

“Satunya masih dirawat, sedangkan satunya sudah sembuh dan dan sudah pulang,” katanya.

Dikatakan, dua orang petugas kesehatan yang terpapar Covid-19 itu dipastikan akibat adanya kontak erat dengan para pasien Covid-19 yang dirawat difasilitas kesehatan tersebut.

Menurutnya, selama menangani pasien Covid-19, para petugas kesehatan sudah mengikuti dan menerapkan protokol kesehatan terkait penanganan terhadap pasien Covid-19.

“Mungkin terjadi kesalahan saat mengganti APD setelah melayani pasien, saat itulah mereka terpapar,” ungkapnya.

Menurutnya, dua orang pasien tersebut berasal dari  RSUD Yowari dan satu orang lainnya berasal dari Dinas Kesehatan Kabupaten Jayapura.

Lebih lanjut, para petugas medis memang sangat rentan terpapar Covid-19.

Hal ini bukan saja karena persoalan ketersediaan APD saja, tetapi yang paling penting adalah bagaimana petugas medis mengetahui cara pemakaian atau penggunaan APD tersebut.

“Termasuk yang paling penting adalah  kejujuran pasien, terkait statusnya apakah yang bersangkutan pernah melakukan kontak erat dengan pasien positif Covid-19,” ujarnya.

Sebab, imbuhnya, kejujuran dari seorang pasien sangat penting karena menghadapi pandemi Covid-19 ini, semua orang termasuk petugas medis menghadapi persoalan yang sangat berat dalam kondisi tidak siap untuk menangani pandemi global ini. (ai/sri)

LEAVE A REPLY