JAYAPURA (PT) – Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal, SE, MM secara resmi melepas relawan mendukung program penanganan dan pencegahan covid-19.

Dimana relawan covid-19 yang terdiri dari tenaga dokter sebanyak 48 orang, para medis sebanyak 96 orang, tenaga epidemiologi sebanyak 14 orang dan 10 tenaga gizi ini akan melaksanakan tugas kemanusiaan di 16 kabupaten/kota di Papua.

Para relawan nantinya, kata Wagub Klemen Tinal, diharapkan melakukan tugas dan juga memberikan semangat kepada teman-teman paramedis lain yang saat ini sudah ada di kabupaten/kota.

Dengan demikian, mereka bersama-sama secara time work dapat melayani masyarakat dengan baik.

“Sehat itu kembali kepada masyarakat sendiri. Paramedis akan berusaha tapi kalau masyarakat tidak disiplin, tidak punya kesadaran yang tinggi untuk hidup sehat, maka akan membuat pekerjaan petugas medis menjadi berat,” terang Wagub kepada wartawan, Kamis (28/5).

Selain melayani secara medis, lanjut Wagub, mereka juga menjadi sukarelawan yang nantinya melakukan sosialisasi protokol kesehatan baik yang disampaikan oleh organisasi Kesehatan Dunia (WHO) maupun Kementerian Kesehatan  kepada masyarakat terkait virus corona dalam rangka memutus mata rantai penyebaran covid-19.

Disamping melepas relawan covid-19, Pemprov Papua juga mendapat bantuan dari UNICEF berupa ventilator untuk rumah sakit Umum Jayapura, RSMI, RS Abepura, dan juga 7 rumah sakit rujukan covid-19 lainnya yang ada di Provinsi Papua.

“Terima kasih kepada UNICEF. Bantuan itu akan kami distribusikan dan kami harap bisa digunakan dengan baik, supaya  bantuan ini  dapat membawa hasil yang baik buat masyarakat di tanah Papua,” ucapnya.

Wagub juga berpesan kepada tim relawan untuk menjaga kesehatan dan menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) ketika melaksanakan tugasnya. (lam/rm)

LEAVE A REPLY