JAYAPURA (PT) – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Jayapura menjadi salah satu rumah sakit yang akan menjadi rujukan dalam penyelenggaran PON XX tahun 2021 mendatang.

Hal itu disampaikan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy kepada pers usai mengunjungi rumah sakit milik Pemprov Papua itu.

Selaian itu, RSUD Jayapura pun menjadi rumah sakit rujukan Covid-19.

“Peralatan RS akan kita sediakan termasuk ambulance akan kita bantu, termasuk polymerase chain reaction (PCR) akan kita bantu,” katanya.

Menko Effendy berjanji bulan depan bantuan PCR sudah tiba di Jayapura dan bisa dipakai untuk tes Covid-19.

“Kita akan kirim segera alat PCR ke Jayapura agar bisa dipakai, lucu kalau rumah sakit rujukan utama tidak memiliki alat PCR, kalau ada kasus sampel harus menunggu sampai 10 hari, kasian pasien tidak bias terurus,” tegasnya.

Diketahui, Menko PMK Muhadjir Effendy berkunjung ke Papua selama tiga hari, Menko PMK tiba di Jayapura, Selasa pagi, dan berkesempatan mengunjungi Rusun Universitas Otto & Geisler Jayapura dan RSUD Jayapura, serta melakukan pertemuan dengan Bupati/Walikota, kepala OPD dan pihak terkait, Selasa sore.

Pada kunjungan kerja tersebut, turut mendampingi sejumlah pejabat kementerian/lembaga terkait. Direncanakan, Menko PMK Rabu, (25/11) akan mengujungi batas Negara di Skouw dan berkunjung ke Kabupaten Boven Digoel. (lam/rm)

LEAVE A REPLY