JAYAPURA (PT) – Pendaftaran wartawan peliput PON XX 2021 Papua bakal ditutup pada 1 April 2021 mendatang.

Wakil Sekretaris Bidang Humas dan PPM PB PON Papua, Kadkis Matdoan mengatakan, keputusan tersebut untuk memudahkan bidang-bidang lainnya dalam menentukan akomodasi maupun transportasi bagi pekerja pers.

“Pendaftaran wartawan ini kan sudah dibuka secara online sejak 1 Juli 2020 lalu, sehingga perlu disegera dilakukan verifikasi,” jelasnya.

Ia mengaku khawatir ketika menunggu bulan Juni atau Agustus 2021 dalam melakukan verifikasi, mengingat padatnya persiapan yang dilakukan bidang-bidang lainnya jelang hari pelaksanaan.

Kadkis menghimbau seluruh wartawan yang berminat meliput agenda olahraga nasional itu agar secepatnya mendaftar dalam aplikasi (https://bidanghumas.ponxx2020papua.com/public/registration) yang disediakan PB PON Papua, di sisa waktu tujuh hari kedepan.

“Sehingga dapat diterbitkan kartu pengenal atau ID Card dari bidang TIK PON Papua, sebagai akses masuk venue, transportasi, konsumsi bahkan akomodasi dari panitia penyelenggara. Kouta awal untuk wartawan itu kan 1.000 orang, tapi kalau kita paskan 1.000 ternyata perhitungannya sangat tidak mungkin. Sebab dikhawatirkan akomodasinya tidak cukup,” bebernya.

Sementara bagi jurnalis yang belum mendaftar, lanjut dia, pihak PB PON Papua sedang mempertimbangkan untuk membuka kembali pendaftaran secara manual atau tidak lewat aplikasi atau web PB PON Papua.

Hanya saja, diakuinya bahwa mereka tak bakal masuk hitungan akomodasi, konsumsi bahkan transportasi.

“Untuk urusan hotel bagi wartawan dari luar Papua itu mereka akan biayai dan urus sendiri. Ya, mungkin kita bisa usahakan transportasi tapi hanya sebatas itu,” terangnya.

Sedangkan mengenai media asing peliput PON, tambah Kadkis, pihaknya masih akan berkoordinasi dengan bidang terkait di PB PON Papua, sebab cukup banyak prosedur yang harus dilalui.(rm)

LEAVE A REPLY