Kadkis Matdoan (tengah) didampingi Ketua SIWO PWI Pusat, Aagwa Ariwangsa (kiri) dan Sekjen SIWO PWI Pusat, Suryansyah (kanan) saat memaparkan kesiapan PON XX di Papua pada Rakernas SIWO PWI 2021 di Jakarta

JAKARTA (PT) – Panitia Besar Pekan Olahraga Nasional (PB PON XX) Papua gencar menggaungkan multi iven nasional agar terus bergema keseantero Indonesia.

Salah satunya lewat Bidang Hubungan Masyarakat, Penyiaran dan Pelayanan Media (Humas PPM) memaparkan kesiapan PON XX maupun membuka akses jurnalis saat meliput di Papua.

“Papua sangat siap untuk menggelar PON XX pada bulan Oktober tahun ini. Segenap komponen anak bangsa di tanah Papua saling bahu-membahu mendukung pesta olahraga nasional ini,” kata Wakil Ketua IV Bidang Humas dan PPM PB PON XX Papua, Kadkis Matdoan saat tampil sebagai narasumber pada rapat kerja nasional (Rakernas)  yang digelar SIWO PWI pada 24-25 Maret di Hotel Pullman Thamrin, Jakarta.

Khusus para jurnalis yang akan meliput multi iven PON, Kadkis menggaransi pihaknya membuka serta memberi akses informasi seluas-luasnya tetapi dengan ketentuan wartawan dari media cetak, elektronik maupun media online harus terdaftar dan terverifikasi resmi di PB PON XX Papua.

“Karena semua yang terlibat dan berhubungan dengan pelaksanaan PON XX di Papua nantinya terintegrasi satu dengan yang lain dengan berbasis teknologi informasi sehingga semua wajib terdaftar resmi, termasuk rekan-rekan wartawan dari seluruh Indonesia maupun wartawan asing,” katanya.

Aziz menyampaikan sesuai intruksi Presiden Joko Widodo dalam rapat terbatas baru-baru ini, telah mempertegas bahwa PON XX di Papua akan dilaksanakan sesuai jadwal yakni 2 hingga 15 Oktober.

Menanggapi sejumlah pertanyaan, saran serta pendapat dari para wartawan olahraga se-Indonesia, Aziz menegaskan bahwa pendaftaran wartawan peliput PON akan ditutup per 1 April 2021.

“Pendaftaran wartawan meliput PON XX ditutup per 1 April 2021 sebab telah dibuka sejak Juli tahun lalu. Selanjutnya teman-teman di bidang Humas dan PPM mulai fokus melakukan verifikasi,” katanya.

Matdoan mengajak semua wartawan yang siap hadir meliput PON XX di Bumi Cenderawasih bisa memaksimalkan sisa waktu untuk mendaftar.

“Bisa secara online lewat aplikasi yang sudah disiapkan maupun secara offline. Teman-teman bidang Humas dan PPM pro aktif serta selalu siap merespon dan bekerja 1 kali 24 jam buat melayani para jurnalis se-Indonesia,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Seksi Wartawan Olahraga Persatuan Wartawan Indonesia (SIWO PWI) Pusat, Aagwa Ariwangsa merespon sekaligus mengapresiasi kinerja bidang humas dan PPM PB PON XX Papua yang selalu intens membangun komunikasi dengan semua pihak dalam mengakomodir akses wartawan untuk nanti meliput PON XX.

Ariwangsa berharap dengan waktu pendaftaran yang akan segera ditutup, wartawan olahraga yang tergabung dalam SIWO PWI bisa terakomodir secara baik.

“SIWO PWI berkomitmen mendukung sukses pelaksanaan PON di Bumi Cenderawasih. Itu dibuktikan lewat salah satu poin dari Rakernas 2021 yang telah disepakati oleh semua wartawan olahraga anggota SIWO se-Indonesia,” katanya. (ist/rm)

LEAVE A REPLY