Suasana latihan tim selam di Pantai Dok II Jayapura

JAYAPURA (PT) – Upaya kerja keras atlet dari tim cabor Selam PON XX Papua secara rutin  terus digenjot melalui latihan ekstra di Pantai Dok II Jayapura.

Latihan dimulai pukul 08.00-17.00 WIT. Bahkan sang pelatih cabor Selam Oba Absentinus Sembiring mengatakan sebanyak 20 atlet putra-putri Papua kini secara rutin melakukan latihan di Jakarta, Bogor dan di Jayapura.

Untuk Kota Jayapura, sebanyak 9 atlet putra-putri latihan di Pantai Dok II Jayapura.

Sedangkan sisanya di Jakarta 5 orang dan Bogor 6 orang.

Dikatakan, ada 4 program latihan yang dijalankan oleh para atlet, antara lain program umum, khusus, pra kompetisi dan kompetisi.

“Sekarang ini atlet telah memasuki program khusus. Program ini antara lain tehnik, mental, searching (mencari rambu) dan penguasaan kedalaman,” terangnya.

Lanjutnya, seorang atlet Selam dituntut harus bisa baca arus laut.

Sebab, kata dia, arus laut setiap jam selalu berubah.

“Misalnya, kalau sekarang pukul 10.00 kemudian  nanti pukul 11.00 arus airnya berubah. Jadi arus air setiap jam selalu berubah.  Oleh karena itu, semakin banyak atlet turun ke laut, maka si atlet akan tau arus air kemana,” katanya.

Dikatakan, saat ini sudah memasuki awal bulan Juli sehingga tidak terasa waktu kini sisa 100 hari lagi.

Untuk itu, pihaknya kini terus melakukan latihan lebih intensif lagi.

Namun demikian, pihaknya juga butuh Try out dimana menurutnya  atlet di kelas Oba 5 Poin sangat penting untuk mengukur sudah sampai sejauh mana penerapan yang didapatkan atlet selama latihan.

“Try out kita jadikan sebagai uji tanding sebelum PON XX, nah setelah itu baru dilakukan evaluasi. Mudah-mudahan Kasal Cup di Pondok Dayung Jakarta rencananya dilaksanakan di bulan Agustus jadi dilaksanakan,” bebernya. (ist/rm)

LEAVE A REPLY