Ketua Umum Sub PB PON Kabupaten Merauke, Drs. Romanus Mbaraka, MT saat sedang mengikuti rapat internal Sub PB PON Kabupaten Merauke

MERAUKE (PT) – Perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua tahun 2021 tinggal beberapa bulan kedepan.

Terkait dengan itu, Bupati Merauke, Drs. Romanus Mbaraka, MT mengaku optimis kalau perhelatan PON XX Papua 2021 harus tetap terselenggara sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan yakni 2-15 Oktober 2021, meskipun kasus penyebaran Covid-19 terus meningkat dari hari ke hari.

Menurutnya, khususnya PON XX Papua 2021 adalah jati diri orang Papua dan harus tetap terlaksana, kendati dihadapi berbagai halangan apapun.

“Yang jelas PON jadi dan pasti dilaksanakan sesuai Instruksi Presiden Bapak Jokowi bahwa apapun caranya, PON di Papua harus terlaksana. Ini sudah pasti. Kami bersama dengan klaster PON di tiga (3) kabupaten dan satu (1) kota juga PB PON Provinsi dan Sub PB PON di Kabupaten pada dasarnya sudah komit bahwa ini harus jalan,” tegas Bupati Merauke Mbaraka kepada awak media usai memberikan pengarahan kepada Panitia Sub PB PON Merauke di GOR Hiad Sai, Senin (5/7).

Bupati Mbaraka menyebutkan, kesepakatan soal anggaran atau pembiayaan sudah selesai, walaupun ada selisih paham sana-sini antara PB PON dan Sub PB PON. Meskipun hal itu menjadi bagian dari proses yang berjalan.

“Untuk Merauke sendiri, kemarin setelah kami komunikasi sudah selesai. Klaster Merauke mendapat kucuran dana Rp 60 miliar di luar dari bidang konsumsi, akomodasi dan SDM untuk besok rekrutmen relawan PON. Ini juga sudah jalan. Lalu ada bantuan dari beberapa departemen termasuk dari Kominfo, untuk Videotron bagi publik, ini juga sudah jalan,” katanya.

“Hari ini pertemuan saya dengan pengurus Sub PB PON dan para kepala bidang, anggota, cabor dan sebagainya. Instruksi saya sudah jelas karena rencana kegiatan sudah final sesuai dengan laporan Wakil Ketua Harian Sub PB PON, Antonius Kaize. Karena hitung mundur waktu tinggal 89 hari, saya mau mereka harus segera cairkan dana, agar giat PON segera jalan. Saya tunggu laporan dari panitia besok apakah mereka sudah proses untuk pencairan dana itu,” jelas Bupati Mbaraka selaku Ketua Umum Sub PB PON Kabupaten Merauke. (ist/rm).

LEAVE A REPLY