Sejumlah peralatan cabang olahraga volli dan bola tangan saat tiba di Jakarta

JAYAPURA (PT) – Persiapan dalam rangka mensukseskan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021 terus dikejar, bahkan sejumlah peralatan pertandingan di masing-masing venue diakui sudah ada.

Panitia Besar Pekan Olahraga Nasional (PB PON) memastikan beberapa peralatan PON saat ini sudah berada di Papua.

Informasi terbaru, karpet lapangan pertandingan voli dan bola tangan didatangkan dari Perancis telah tiba di Jakarta dan pekan depan segera dikirim ke Mimika dan Jayapura.

Technical Delegate (TD) Cabang Olahraga (Cabor) Voli Indoor, Regi Nelwan usai mengikuti zoom meeting bersama tim Pejabat Pemeriksa Hasil Pekerjaan (PPHP) PB PON mengatakan bahwa karpet untuk lapangan pertandingan voli sesuai spesifikasi dan memenuhi standar internasional.

“Kita sudah lihat barangnya walaupun melalui zoom meeting barang sesuai denga spesifikasi dan standar internasional,” kata Regi ketika dikonfirmasi, Sabtu (17/7).

Dikatakan, karpet yang dibeli dari Perancis, merknya Gerflor Typenya Taraflex Evolution (Tx Evolution).

“Karpet yang kita pakai di PON Papua nanti sama dengan yang digunakan pada kejuaran Asia, pro liga bahkan merknya sama yang dipakai pada Asian Games Jakarta-Palembang tahun 2018 lalu,” katanya.

Oleh karena itu, Regi mengapresiasi pemerintah dan PB PON Papua yang serius dalam menyiapkan peralatan pertandingan PON di Papua.

“Semua peralatan voli indoor sudah sesuai spesifikasi, itu juga berdasarkan masukan dari kami sebagai TD dan kami yakin peralatan yang kami rekomendasikan itu sangat memenuhi syarat, tidak hanya secara nasional, tetapi juga internasional,” ujarnya.

Ia berharap, pihak penyedia bisa segera mengirimkan peralatan ini ke Jayapura, sehingga bisa terpasang di venue.

Sebab, dijadwalkan pada bulan Agustus mendatang, cabor voli akan menggelar tes event.

“Kalau proses pengiriman dari hasil diskusi dengan pihak penyedia pekan depan sudah dikirim, mudah-mudahan awal bulan Agustus sudah tiba di Jayapura,” harapnya.

Senada disampaikan TD cabor Handball /bola tangan, Mustafa Masyhur mengatakan merk karpet Gerflor untuk lapangan pertandingan bola tangan sudah sesuai dengan rekomendasi dari Pengurus Besar Asosiasi Bola Tangan Indonesia (PB ABTI).

“Merk karpet Gerflor sudah dipakai di berbagai kejuaraan bola tangan baik di Asia maupun dunia. Karpet buatan koda mode (Perancis) sudah memenuhi standar,” katanya.

Menurutnya, PB APTI sendiri memili satu set karpet merk Gerflor dan dipakai untuk pra kualifikasi PON XX Papua yang akan dilaksanakan di Purwokerto, Jawa Tengah, 20-24 Oktober 2019.

Untuk itu, dia menghimbau kepada PB PON Papua untuk dapat berkoodinasi dengan TD Futsal, apakah bisa menggunakan merk ini untuk pertandingan futsal, karena di beberapa kejuaraan merk karpet Gerflor dipakai futsal.

“Karpet ini sudah dipakai di pertandingan bertaraf internasional, untuk futsal juga bisa, tetapi harus dikordiasi dulu dengan TD futsal, karena lebar dan luar lapangan sama hanya beberapa garis yang dibedakan, pada dasarnya olahraga indoor gunakan merk karpet ini,” ujarnya.

Mustafa menambahkan, cabor bola tangan merencakana tes event pada bulan Agustus mendatang, namun menggunakan peralatan yang ada sekarang.

“Tes event ini bukan soal peralatannya, tetapi bagaimana kesiapan panitia lokal. Tetapi jika futsal juga bisa gunakan karpet ini, lebih bagus lagi, karena bisa dipasang duluan,” tandasnya.

Diketahui, karpet bola voli indoor dan bola tangan didatangkan dari Prancis oleh kontraktor PT Jasa Utama Karya Cemerlang.

Direktur PT Jasa Utama Karya Cemerlang, Yacob Ibrahim yang dikonfirmasi, Sabtu malam mengatakan bahwa peralatan berupa karpet untuk cabang olahraga bola tangan dan voli akan segera dikirim ke Jayapura dan Mimika.

“Kita pastikan setelah Hari Raya Idul Adha Selasa besok, peralatan ini sudah kita kirim ke Papua, harapanya awal bulan Agustus barangnya sudah tiba di Jayapura maupun Mimika,” tutupnya. (lam/rm)

LEAVE A REPLY