Anggota Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 131/BRS saat mengamankan enam warga yang diduga kuat terlibat OPM

JAYAPURA (PT)—Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 131/BRS berhasil mengamankan 6 orang warga yang diduga ada kaitannya Organisasi Papua Merdeka (OPM) ketika sweeping di Pos Skofro Lama, Distrik Arso Timur, Kabupaten Keerom, Papua, Rabu (28/07) pukul 12.30 WIT.

Dansatgas RI-PNG Yonif 131/BRS, Letkol Inf. Muhammad Erfani, SH, MTr (Han) dalam rilisnya yang diterima PapuaToday, Kamis (29/7) menjelaskan, pihaknya mendapatkan beberapa warga melintas menggunakan kendaraan roda empat jenis Avanza warna hitam dengan penumpang 7 orang.

Setelah diperiksa diketahui dari 7 orang tersebut 6 orang diantaranya diduga anggota TPNPB/OPM, karena ditemukan ID Card anggota OPM, dokumen dan 1 butir selongsong amunisi. Sedangkan seorang lainnya adalah pengemudi.

Dikatakan, pihaknya sering menemukan terduga anggota TPNPB/OPM, yang melintas di wilayah perbatasan RI-PNG.

Oleh karenanya, Satgas akan terus berusaha untuk mencegah terjadinya pelanggaran pelintas batas negara, keluar masuknya barang-barang ilegal serta mempersempit ruang gerak anggota OPM melalui sweeping rutin di setiap pos-pos di wilayah Keerom dan Kota Jayapura.

Menurutnya, setelah dimintai keterangan dari 7 warga tersebut, 6 diantaranya diduga kuat anggota OPM.

Setelah diperiksa kemudian keenam terduga anggota OPM dan barang bukti kemudian diserahkan kepada Polres Keerom, untuk proses lebih lanjut,” pungkas Dansatgas. (fil/rm)

LEAVE A REPLY