Ketua KPB Jilid II, Mathius Awoitauw

JAYAPURA (PT) – Sebagaimana agenda yang sudah dijadwalkan, pengumuman dua nama calon Wakil Gubernur Papua sedianya akan diumumkan pada Sabtu (7/8) kemarin.

Namun dikarenakan alasan kesibukan masing-masing pimpinan partai koalisi sehingga pengumuman dua nama tersebut terpaksa ditunda.

“Ada kesibukan masing-masing pimpinan partai politik, seperti Golkar menggelar vaksin massal dan pimpinan partai politik yang ditunggu juga belum muncul. Mungkin juga masih lakukan loby politik. Mudah-mudahan rapat penentuan dua nama cawagub digelar pada Senin (9/8),” ujar Ketua KPB Jilid II, Mathius Awoitauw, ketika dikonfirmasi di Suni Hotel & Convention Abepura, Sabtu (7/8).

Ia mengatakan, pihaknya mengharapkan penentuan Cawagub Papua bisa lebih cepat, sesuai arahan Gubernur Papua pada saat pertemuan perdana KPB Jilid II beberapa waktu lalu.

“Pak Gubernur kan kondisinya belum stabil betul, sehingga kita berharap agenda pengisian kursi wagub harus selesai, karena kita menghadapi agenda-agenda besar kedepan, seperti PON dan penanganan Covid-19,” ucapnya.

Oleh karena itu, KPB Jilid II juga harus konsisten dengan jadwal, yang telah disepakati.

“Kalau buang- buang waktu begini kan kita punya pekerjaan lain juga untuk PON dan Covid-19, sehingga kita harus kita kerja keras,” terangnya.

Terkait kesepakatan KPB Jilid II agar Golkar menentukan satu nama Cawagub dari dua nama yang diusulkan kepada KPB Jilid II, masing-masing John Tabo dan Paulus Waterpauw, menurut Awoitauw, pihaknya masih menunggu keputusan Golkar menentukan satu nama, sebelum penentuan dua nama cawagub Papua.

Pasalnya, KPB Jilid II sudah sepakat setiap partai politik mengusulkan satu nama Cawagub.

Sebelumnya, KPB Jilid II telah menyampaikan enam nama Cawagub Papua kepada Gubernur Papua Lukas Enembe.

Keenam nama tersebut masing-masing Abock Busup, Befa Yigibalom, John Tabo, Kenius Kogoya, Paulus Waterpauw dan Yunus Wonda. (fil/rm)

LEAVE A REPLY