Tampak anggota TNI/Polri bersama Tentara PNG saat berfoto bersama.

JAYAPURA (PT) – TNI/Polri bersama Tentara Papua New Guinea (PNG) menjalin silahturahmi di wilayah netral Patok Batas 13 MM, Kampung Sota, Kabupaten Merauke, Papua, Minggu (22/8).

Sesuai siaran pers yang disampaikan Polsek Sota bahwa Kapolsek Sota Ipda. Yustus Maudul, SE, M.Si, didampingi Danramil Sota, Petugas CIQ-S dan Pengawai PLBN Sota, mengatakan pihaknya menerima kedatangan Tentara PNG sebanyak 12 orang, dipimpin Comander Letnan Mohe M dan Jubir Naki Jack.

Comander Letnan Mohe M mengatakan maksud dan tujuan kedatangan Tentara PNG dalam rangka silaturahmi dengan Kapolsek Sota yang baru sekaligus kerjasama menjaga keamanan dan ketertiban (kamtibmas) di perbatasan RI-PNG wilayah Distrik Sota.

Sementara itu, Kapolsek Sota memperkenalkan diri sebagai Kapolsek Sota yang baru yang bertanggungjawab menjaga kamtibmas di wilayah Distrik Sota, yang berbatas langsung dengan PNG.

“Saya selaku Kapolsek mengajak dan bangun komunikasi, kerjasama dan koordinasi dengan para petugas yang ada terkhusus pada petugas CIQ-S, yang berada di Sota, bila rekan-rekan Tentara PNG dan warga PNG masuk ke wilayah Distrik Sota,” ujar Yustus Maudul.

Dikatakan, pihaknya akan selalu memberikan pelayanan terhadap warga PNG yang masuk ke Kampung Sota, untuk belanja bahan makakan (bama). Tentara PNG tersebut langsung belanja bama di Pasar PLBN Sota.

Selanjutnya kembali ke Kampung Weam, yang merupakan Pos Tentara PNG, berjarak 27 Km. (fil/rm)

LEAVE A REPLY