Gubernur Papua, Lukas Enembe, SIP, MH didampingi Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan, DR. M. Musaad saat telekonfren dengan Presiden Joko Widodo

JAYAPURA (PT) – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua behasil meraih penghargaan Provinsi Terbaik Tim Pengendalian Inflasi Daerah atau TPID Award 2020.

Juru Bicara Gubernur Papua, M. Rifai Darus mengatakan, Gubernur Papua, Lukas Enembe, SIP, MH berterima kasih kepada Pemerintah Pusat atas penilaian terbaik kepada Pemprov Papua dan semua ini tak lepas dari kerjasama dan komunikasi yang semakin membaik antara Pemerintah Pusat dan Pemprov Papua dalam mengelola dan mengendalikan inflasi di Tanah Papua.

Menurut Jubir Rifai bahwa Gubernur Lukas Enembe juga menyampaikan rasa syukur dan terima kasih kepada seluruh jajaran Pemerintahan Provinsi Papua yang telah bekerja keras, cerdas dan terukur, sehingga mendapatkan penghargaan “Provinsi Terbaik” pada TPID Award 2020.

Dikatakan, penghargaan ini dinilai menjadi motivasi tersendiri bagi Pemprov Papua untuk dapat bekerja semakin baik.

“Mengelola inflasi berarti ukurannya adalah daya beli masyarakat, sehingga komponen kesejahteraan melalui peningkatan pendapatan masyarakat menjadi hal penting untuk terus diperhatikan oleh Pemerintah Provinsi Papua agar perekonomian di Papua terus maju bergerak sekalipun persoalan pandemi Covid-19 terus membayangi,” ujar Rifai.

Ditambahkan, Gubernur Lukas Enembe menekankan bahwa untuk menjaga inflasi tetap terkontrol, terutama pada saat penerapan PPKM, jajaran Pemprov Papua berupaya untuk menjalankan rekomendasi dari Pemerintah Pusat melalui strategi 4 K yakni Keterjangkauan Harga, Ketersediaan Pasokan, Kelancaran Distribusi, dan Komunikasi Efektif.

Jubir Rifai menjelaskan, Gubernur Papua menyadari bahwa pengendalian inflasi nasional memang membutuhkan dukungan maksimal dari daerah, mengingat inflasi nasional merupakan agregasi dari inflasi daerah.

Oleh karena itu, koordinasi melalui harmonisasi kebijakan pemerintah pusat dan pemerintah daerah wajib untuk diperhatikan.

Selain itu, Gubernur juga berterimakasih kepada beberapa daerah yang selama ini telah membuka diri, untuk melakukan kerjasama perdagangan antar daerah.

“Sinergitas seperti ini tentu menjadi kunci pokok keberhasilan dalam melakukan pengendalian inflasi,” pungkas Rifai. (fil/rm)

LEAVE A REPLY