Gubernur Papua, Lukas Enembe saat menyerahkan Pataka kepada Ketua Kontingen Papua usai melepas kontingen Papua untuk berlaga di PON XX Papua 2021

JAYAPURA (PT) – Gubernur Papua, Lukas Enembe, SIP, MH secara resmi melepas Kontingen Papua yang akan bertanding pada PON XX Papua tahun 2021 pada 2-15 Oktober 2021 mendatang di Stadion Mandala, Jayapura, Kamis (9/9).

Selain melepas kontingen Papua, Gubernur Enembe juga menyerahkan SK Kontingen Papua PON XX Papua 2021 dan Petaka KONI Papua kepada Ketua Kontingen Papua, Irjen Pol. Mathius D. Fakhiri, SIK disaksikan Ketua Harian PB PON XX Papua, Dr. Yunus Wonda, SH, MH, Sekretaris Umum KONI Papua, Kenius Kogota, SP, M.Si, Ketua Puslatprov KONI Papua, Brigjen TNI. Bambang Trisnohadi serta para atlit.

Mengawali sambutannya, Gubernur Papua mengutip sebuah kalimat dari negarawan asal Amerika Serikat Benjamin Franklin bahwa energi dan ketekunan mengalahkan segalanya.

“Saya percaya teman-teman kontingen Papua yang berada di depan saya, penuh dengan energi untuk merebut prestasi,” ujar Lukas Enembe.

Ia menjelaskan, kesuksesan PON XX Papua 2021 akan menjadi pembuktian harga diri orang Papua sebagai bagian dari bangsa Indonesia.

“Oleh karena itu, persiapan harus terus kita kejar dan matangkan. Kita wajib meraih kesuksesan, baik itu sukses prestasi, sukses administrasi, sukses kebudayaan, sukses penyelenggaraan serta sukses ekonomi,” tuturnya.

“Tidak boleh ada kelengahan sedikit pun. Ini adalah kesempatan kita untuk menunjukan bahwa Papua bisa menjadi garda terdepan bangsa Indonesia dalam urusan olahraga,” tuturnya lagi.

Gubernur memimpikan, bahwa PON XX ini akan melahirkan Boaz Solossa yang baru, Lisa Rumbewas yang baru, Carol Renwarin yang baru dan banyak lagi legenda olahraga asal Papua yang tidak bisa saya sebutkan satu per satu.

“Saya percaya, akan selalu lahir mutiara-mutiara baru dari tanah kita, tanah Papua, yang akan mengharumkan bangsa Indonesia di kancah dunia,” imbuhnya.

KONI Papua mematok target kontingen Papua di PON XX tahun 2021 yakni masuk 5 besar.

“Seharusnya mencapai 5 besar bukanlah hal sulit bagi teman-teman atlet semua. Saya percaya pada energi dan kemampuan yang kalian miliki. Saya percaya pada persiapan yang sudah matang selama ini kalian lakukan. Saya juga percaya, bahwa dukungan masyarakat Papua secara langsung akan membakar gelora juang kalian semua dalam bertanding. Percayalah, Torang Bisa. (fil/rm)

LEAVE A REPLY