JAYAPURA (PT) – Polda Papua melaksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Cartenz 2021 untuk pengamaman Natal dan Tahun Baru (Nataru) di Halaman Stadion Lukas Enembe, Kampung Harapan, Sentani, Kabupaten Jayapura, Kamis (23/12).

Turut hadir Kapolda Papua, Irjen Pol. Mathius D Fakhiri selaku pemimpin apel, Kasdam XVII/Cenderawasih, Brigjen TNI. Bambang Trisnohadi dan Perwakilan Pemerintah Daerah.

Kapolri, Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo dalam sambutannya yang dibacakan Kapolda Papua menyampaikan bahwa kegiatan apel gelar pasukan dilaksanakan sebagai bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan Operasi Lilin 2021 serta kegiatan pengamanan yang mengedepankan preemtif, preventif secara humanis serta penegakkan hukum secara tegas dan profesional.

Kapolri berharap seluruh kepala satuan kewilayahan mampu menentukan langkah antisipasi prokatif dan aplikatif.

Serta cara bertindak yang efektif, efesien dalam mengatasi berbagai potensi gangguan yang ada sesuai dengan karakteristik kerawanan pada masing-masing wilayah.

“Dimana hal tersebut sejalan dengan tema dalam operasi lilin Cartenz 2021 yaitu kita tingkatkan sinergi Polri dengan unsur terkait dalam rangka memberikan rasa aman dan nyaman pada perayaan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 di tengah pandemi Covid-19,” tambah Kapolda Papua.

Sementara itu, Kapendam XVII/Cenderawasih Kolonel Aqsha Erlangga, SH, MH saat dikonfirmasi menjelaskan bahwa Kodam XVII/Cenderawasih ikut membantu Polda Papua dalam memberikan keamanan dan kenyamanan bagi masyarakat Papua yang akan melaksanakan ibadah Natal dan perayaan Tahun Baru 2022.

“Dengan harapan masyarakat Papua dapat menjalankan ibadah Natal dan merayakan Tahun baru 2022 dengan baik, aman dan nyaman tanpa ada gangguan apapun,” jelas Kapendam XVII/Cenderawasih. (fil/rm)

LEAVE A REPLY