JAYAPURA (PT) – SMAN 2 Jayapura secara resmi menyatakan kelulusan 100 persen anak didiknya khusus kelas XII berdasarkan SK Kepala Sekolah SMAN 2 Jayapura Nomor 421.3/355/IV/2022, tanggal 25 April 2022.

Acara kelulusan itu ditandai dengan penamatan 390 siswa/siswi SMAN 2 Jayapura yang terdiri dari dua program studi yakni IPA dan IPS, berlansung di Gedung LUKMEN Kantor Gubernur Papua, Kamis (5/5).

Kepala Sekola SMAN 2 Jayapura, Dra. Christina D. Widyastuti, M.Pd, mengatakan, hari ini serentak di seluruh Indonesia, merupakan tanggal yang sudah ditetapkan oleh Kementrian Pendidikan untuk mengumunkan kelulusan peserta didik.

Oleh karena itu, pada hari yang sama itu, pihaknya SMAN 2 Jayapura mengumumkan kelulusan bagi siswa siswi yang duduk di kelas XII, baik di program studi IPA maupun IPS.

“Untuk pengumuman kelulusan, kami membuka link pada pukul 00.00, yang dimana siswa bisa membuka link tersebut untuk mengetahui kelulusan mereka. Sehingga kami tidak memberikan pengumuman secara lansung yang diberikan diamplop,” ungkap Widyastuti, kepada awak media.

Diakui, pada tahun ini, pihaknya mengantarkan 390 peserta didik yang dibawa untuk program peminatan IPA sebanyak 276 dan peminatan di IPS 114 peserta didik.

Dijelaskan Widyastuti, perserta didik yang lulus ini banyak yang sudah mendaftar di perguruan tinggi, melalui SMPTN tetapi juga melalui TBK dan ada banyak yang sudah diterima dan banyak dari mereka juga sementara mendaftar diprogram ADIK dan program-program sekolah kedinasan.

“Kami berharap bahwa kelulusan ini banyak terserap diperguruan tinggi, karena memang tujuan sekolah di SMA adalah untuk melanjutkan ke perguruan tinggi. Untuk itu, kepada anak didiknya agar terus berjuang, karena era sekarang namanya riwayat pendidikan itu bukan menjadi jaminan untuk sukses,” imbuhnya.

Ia pun berharap juga agar kedepannya, tetap anak-anak di SMAN 2 Jayapura akan membawa nama baik SMA 2 seperti alumni-alumni yang sudah ada. Dimana mereka berhasil sukses meraih kedudukan-kedudukan yang penting baik di pemerintahan maupun swasta. (nald)

LEAVE A REPLY