SENTANI (PT) – Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Gubernur, Bupati dan Walikota Se-Provinsi Papua, yang diberi thema konsolidasi internal pemerintah Provinsi Papua dan pemerintah Kabupaten dan Kota untuk implementasi tata kelola Otonomi Khusus (Otsus) format baru, yang berlangsung di Hotel Suni Abepura, Rabu (15/6) mendapatkan sambutan baik dan apresiasi tinggi dari Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Jayapura kepada Pemerintahan Provinsi (Pemprov) Papua, yang menggelar kegiatan tersebut.

Hal itu diungkapkan Sekertaris Daerah Kabupaten Jayapura, Hana Hikoyabi kepada awak media saat mewakili Bupati Jayapura menghadiri kegiatan tersebut.

“Rakerda ini lebih kepada pembagian tugas antara pemerintah Provinsi dan pemerintah Kabupaten Kota terkait peningtan SDM dan lain sebagainya. Oleh karena itu, kami di Kabupaten Jayapura menyambut baik hal ini,” ucap Sekda Hana Hikoyabi.

Hana menjelaskan, pembagian tugas ini dilakukan karena dana Otsus sudah tidak dikelola lagi oleh Pemprov Papua, melainkan pemerintah pusat yang mengalokasikan langsung ke setiap Kabupaten dan Kota.

“Dulu kan provinsi yang bagi-bagi dana Otsus, tetapi sekarang sudah berubah, yakni pemerintah pusat yang bagi dana Otsus ke kita semua. Oleh sebab itu, hal-hal terkait peningkatan SDM yang awalnya dikelola oleh provinsi, itu ada sebagian yang dilimpahkan ke kabupaten dan kota. Sehingga kegiatan ini lebih kepada pembagian tugas,” ujarnya.

Lanjutnya, salah satu pembagian tugas yaitu, untuk pendidikan Diplomat tiga dan S1 itu akan diambil alih oleh pemerintah kabupaten dan kota. Sementara untuk S2 dan S3 akan diambil alih oleh Pemerintah Provinsi Papua. (tinus)

LEAVE A REPLY